16 October 2020, 20:40 WIB

Kota Medan Fokus Tangani Covid-19 di Tiga Kecamatan


Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMERINTAH Kota Medan, Sumatera Utara fokus penanganan pandemi Covid-19 di daerahnya ke tiga kecamatan yang memiliki angka kasus tertinggi. Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, jumlah kasus terkonfirmasi positif yang tertinggi ada di Kecamatan Medan Helvetia, Medan Johor dan kecamatan Medan Timur.

"Saya sudah meminta agar fokus penanganan Covid-19 dilakukan di tiga Kecamatan tersebut, tetapi tentunya tanpa mengecualikan kecamatan yang lain," ujar Penjabat Sementara Wali Kota Medan, Arief Sudarto, Jumat (16/10).

Dia memaparkan, selama dua minggu terakhir sebenarnya jumlah kasus positif di KMedan mulai mengalami penurunan, seiring dengan peningkatan angka kesembuhan (recovery rate). Penurunan kasus positif ini ini harus dipertahankan, salah satunya dengan meningkatkan fokus kerja penanganan.

Arief menyatakan sudah meminta agar update data Covid-19 terus diperbaharui setiap hari serta dilakukan evaluasi dan membuat laporan mengenai apa saja yang telah dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD), terutama yang memiliki tupoksi secara langsung.

"Database dan evaluasi ini sangat penting karena menjadi dasar bagi kita dalam mengambil kebijakan dan langkah strategis dalam penanganan Covid-19," jelasnya.

Arief juga mengatakan telah menginstruksikan setiap OPD agar lebih aktif melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19. Terlebih, masing-masing OPD sebenarnya sudah memiliki tugas yang jelas yang telah diatur dalam Perwal Kota Medan Nomor 27/2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Medan.

"Saya sudah minta semua (OPD) serius dalam menjalankan tugas tersebut sehingga Covid 19 di Kota Medan dapat segera kita akhiri," pungkasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT