16 October 2020, 19:50 WIB

Kepada Daerah di Sumsel Diminta Fokus ke Sektor Pertanian


Dwi Apriani | Nusantara

GUBERNUR Sumatra Selatan Herman Deru meminta agar kepala daerah menjadikan pertanian sebagai fokus dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi di masa Pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Herman Deru saat membuka Webinar Sarasehan Data dengan tema "Peta Potensi Pangan Strategis Sumatera Selatan, Mengamankan Lumbung Pangan di Masa Pandemi" diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, Jumat (16/10).

"Saya minta kepada kepala daerah masing-masing jadikan ini fokus kita bersama demi mempertahankan pertumbuhan ekonomi kita di masa pandemi Covid-19 ini," jelas Herman Deru.

Menurutnya, potensi sektor pertanian yang dimiliki Sumsel sangat banyak seperti tersebar di Kabupaten Banyuasin, OKI, OKU Timur, Empat Lawang bahkan OKU Selatan dan lainnya. Jika produktivitas pangan di daerah-daerah tersebut ditingkatkan. Sumsel bisa menjadi yang tertinggi penghasil pangan di Indonesia.

"Ini sudah terbukti karena kita fokus ke pertanian, kontraksi yang terjadi tidak berpengaruh banyak pada pertumbuhan ekonomi ini Sumatera Selatan. Bahkan kita masih dalam posisi terbaik di pulau Sumatera. Ini artinya kita tidak salah pilih fokus ke pertanian," ujar Herman Deru.

Karena itu sejak awal, Gubernur Sumsel terus mendorong pembangunan infrastruktur dan pertanian karena dua tersebut sangat erat kaitannya. "Kalau bicara pertanian kita tidak bisa bicara hulu saja tapi hilir juga makanya kita juga fokus membangun infrastruktur karena ini penting untuk menunjang pemasaran," kata dia.

Sektor pertanian di Sumatra Selatan menyerap tenaga kerja sebesar 1,82 juta tenaga kerja atau setara dengan 45,91 persen penduduk yang bekerja pada Agustus 2019. Selain itu tercatat pula ada 3 kabupaten di Sumatera Selatan yang termasuk di dalam 30 kabupaten/kota penghasil produksi beras terbesar 2020 yaitu Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur, serta Kabupaten Ogan Komering Ilir. (R-1)

BERITA TERKAIT