16 October 2020, 16:00 WIB

NTT Gratiskan Tes Covid-19 bagi Warga


Palce Amalo | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) memberlakukan rapid test dan swab gratis bagi seluruh warga di daerah itu. Ini untuk membantu warga yang saat ini terkena dampak covid-19.

Kebijakan itu termuat dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 61 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Lampiran IV Peraturan Gubernur Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah WZ Johannes Kupang. "Saya sudah menandatangani peraturan gubernur yang berlaku mulai hari ini semua masyarakat rapid test dan swab gratis," kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat acara peresmian Laboratorium Biomolekur Kesehatan Masyarakat di Klinik Universias Nusa Cendana Kupang, Jumat (16/0).

Dengan demikian, tarif rapid test dan swab pada perubahan pertama Pergub Nomor 4 Tahun 2020 yang diterbitkan awal Oktober 2020 tidak berlaku lagi. Sebelumnya, Pemprov NTT menetapkan tarif rapid test sebesar Rp150 ribu dan dan swab sebesar Rp900 ribu.

Laiskodat mengatakan kebijakan itu sudah melalui perhitungan matang sehingga tidak terlalu membebani daerah. "Saya sudah hitung dan tidak terlalu banyak pengeluaran," ujarnya.

Menurutnya, warga NTT yang akan melakukan perjalanan ke provinsi lain atau siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke daerah lain, tidak perlu lagi dibebani dengan anggaran rapid test dan swab.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Jelamu menambahkan kebijakan itu tidak berlaku bagi warga yang datang dari luar NTT. Warga yang datang dari luar daerah harus membawa hasil rapid test atau swab.

"Kebijakan ini bukan melakukan rapid test atau swab seluruh rakyat, tetapi hanya mereka yang dicurigai. Jika mereka butuh swab, tidak dipungut biaya," kata Marius. Dia juga meminta rumah sakit dan laboratorium tidak memungut biaya dari warga yang akan melakukan swab dan rapid test. (OL-14)

BERITA TERKAIT