16 October 2020, 17:25 WIB

Bumi Catat Rekor Terpanas pada September 2020


Putri Rosmalia | Weekend

TAHUN ini telah diprediksi menjadi tahun terpanas sepanjang masa pada bumi. Kemungkinan itu menguat paskatercatatnya bulan September 2020 sebagai bulan dengan suhu tertinggi yang pernah tercapai di bumi.

Dilansir Abcnews.go.com, Kamis (15/10), Lembaga Pemantau Iklim AS (NOAA) merilis data bahwa pada September 2020 suhu rata-rata bumi mencapai 15,97 derajat celcius. Angka itu melampaui rekor sebelumnya sebesar 15 derajat celcius. 

Angka itu diprediksi muncul akibat kebakaran hebat yang terjadi secara bertubi-tubi di berbagai negara, termasuk kebakaran hebat dalam waktu cukup panjang di  California dan Oregon, Amerika Serikat (AS).

Ahli Iklim NOAA, Ahira Sanchez-Lugo dan Kathie Dello mengungkapkan jika secara keseluruhan suhu panas tersebut dihasilkan dari kombinasi pemanasan global yang diakibatkan oleh konsumsi batu bara, minyak bumi, dan gas alam, serta sebab-sebab alamiah. Namun faktor terbesar adalah faktor manusia. 

Dengan kondisi tersebut para ahli iklim juga memprediksi jika generasi millenial dan sebagian generasi-X (gen-X) tidak akan menikmati suhu bumi yang lebih rendah dari suhu rata-rata bulan lalu tersebut. (M-1)

BERITA TERKAIT