16 October 2020, 14:49 WIB

Kredit Baru Kuartal III 2020 Tumbuh di Seluruh Jenis


Fetry Wuryasti | Ekonomi

HASIL Survei Perbankan Bank Indonesia menunjukkan pertumbuhan triwulanan (qtq) kredit baru pada triwulan III 2020 meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada triwulan III 2020 sebesar 50,6%, lebih baik dibandingkan dengan -33,9% pada triwulan sebelumnya.

Namun, angka itu masih lebih rendah dibandingkan dengan 68,3% pada triwulan III 2019. “Berdasarkan jenis penggunaan, meningkatnya pertumbuhan kredit baru terjadi pada seluruh jenis kredit. Kenaikan terbesar terjadi pada jenis kredit modal kerja yang terindikasi dari SBT yang lebih baik dari -19,5% pada triwulan sebelumnya menjadi 68,1%,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjarnako melalui rilis yang dterima, Jumat (16/10).

Pertumbuhan kredit investasi dan kredit konsumsi juga terindikasi mengalami perbaikan, tercermin pada SBT yang membaik masing-masing dari -75,1% dan -68,6%, menjadi 28,6% dan 42,7%. Membaiknya penyaluran kredit konsumsi, terutama terjadi untuk jenis KPR/KPA dan kredit tanpa agunan.

Secara sektoral, meningkatnya SBT pertumbuhan kredit baru terjadi pada seluruh sektor. SBT tertinggi pada jasa kesehatan dan kegiatan sosial, pertanian, perburuan, dan Kehutanan, serta listrik, gas, dan air.

Melihat hal itu, Bank Indonesia memperkirakan pada triwulan IV 2020, pertumbuhan kredit baru akan lanjut meningkat, meski tidak setinggi periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pada triwulan IV 2020, secara triwulanan (qtq), kredit baru diprakirakan akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya, tapi masih tidak setinggi periode yang sama tahun 2019. (OL-14)

BERITA TERKAIT