16 October 2020, 14:38 WIB

Bangka Belitung Persiapkan Tiga Lokasi Pelabuhan


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) mempersiapkan tiga lokasi yang akan dilakukan pengembangan pelabuhan di pulau. Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, titik-titik yang menjadi target pembangunan pengembangan pelabuhan yang dimaksud secara detail mengacu pada peta Provinsi Kepulauan Babel.

"Saat ini, potensi atas Kawasan Industri Sadai dan tambak udang membutuhkan dukungan pelabuhan. Selain itu, masih banyak potensi lain di pulau-pulau yang bisa dikembangkan seiring berjalan pembangunan fasilitas pendukungnya," kata erzaldi. Jumat (16/10).

Erzaldi menyebutkan tiga lokasi yang akan dikembangkan pelabuhan yaitu Pulau Lepar, Pongok Kabupaten Bangka Selatan, dan Seliuk Kabupaten Belitung. Dengan pembangunan tiga titik pengembangan pelabuhan itu setidaknya mampu menampung kapal angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (ASDP) untuk melakukan penyeberangan.

Pelabuhan penting untuk konektivitas yang baik. Apalagi ASDP mampu memuat barang yang lebih banyak. "Ini akan membuka peluang-peluang ekonomi, khususnya masyarakat lokal di pulau," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Babel KATajuddin mengatakan pihaknya akan segera memulai dari pengembangan pelabuhan Pulau Seliuk dan tahapan survei di dua pulau lain. "Kami mengharapkan secepatnya pembangunan segera terealiasikan, sehingga konektivitas antarpulau lebih meningkatkan perekonomian," kata Tajuddin. (OL-14)

BERITA TERKAIT