16 October 2020, 14:30 WIB

Google Permudah Pencarian Lagu Lewat Senandung


Putri Rosmalia | Weekend

APA anda pernah mengalami lupa akan lirik dan judul lagu padahal nada lagu itu terekam jelas di pikiran? Hal ini tentunya bisa cukup merusak kesenangan. 

Fitur terbaru yang dirilis Google memberi solusi untuk itu. Anda bisa mencari judul dan lirik lagu dengan hanya bersenandung (humming). 

Dilansir Cnn.com, Kamis (15/10), fitur itu tersedia tersedia dalam aplikasi Google mobile dan Google Assistant. Aplikasi dapat diunduh secara gratis di Apple's iOS dan Google Play.

Nantinya sofrware yang ada di Google akan mengidentifikasi lagu yang memiliki nada paling mirip dan menampilkannya sebagai hasil pencarian. Anda cukup mengucapkan kata kunci "what's this song?" atau "Hey Google" untuk mengaktifkan mode pencarian, kemudian bersenandung sekitar 10 hingga 15 detik.

Beberapa lagu dengan notasi yang paling dianggap sesuai dengan senandung tersebut akan muncul dalam beberapa saat. Hasil pencarian juga akan mengurutkannya dari yang paling dianggap mirip sampai paling minim kemiripan. Anda tak perlu khawatir harus bersenandung dengan nada yang tepat seperti penyanyi profesional. Fitur itu dilengkapi kemampuan untuk membaca nada dengan sangat baik. (M-1)
 

BERITA TERKAIT