16 October 2020, 14:28 WIB

Staf Positif Covid-19, Kamala Harris Hentikan Kampanye


Nur Aivanni | Internasional

CALON Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Kamala Harris, akan membatalkan rencana perjalanan kampanye hingga Minggu (18/10) waktu setempat.

Keputusan itu diambil setelah salah satu anggota stafnya dinyatakan positif covid-19. Tim kampanye Harris menyebut perempuan berusia 55 tahun itu negatif covid-19 dari hasil dua kali tes.

Kamala diketahui merencanakan jadwal kampanye yang padat menjelang pemilihan presiden AS pada 3 November.

Baca juga: Trump dan Biden Berselisih soal Respons Covid-19

Dia dijadwalkan tampil di North Carolina pada Kamis waktu setempat. Namun, tim kampanye mendapatkan kabar bahwa direktur komunikasi mereka, Liz Allen dan seorang anggota awak penerbangan dinyatakan positif covid-19.

Keduanya melakukan perjalanan dengan senator Partai Demokrat tersebut dalam kampanye di Arizona pada 8 Oktober lalu. Kendati demikian, Harris tidak melakukan kontak dekat dengan kedua orang tersebut.

Baca juga: Tiongkok Tuding AS Rusak Stabilitas di Selat Taiwan

Selama penerbangan bersama Allen dan anggota kru penerbangan tersebut, Harris diketahui terus menggunakan masker. Adapun kedua orang yang ikut bersama Harris itu dinyatakan negatif covid-19 sebelum dan sesudah penerbangan.

Melalui pernyataan resmi, Manajer Tim Kampanye Jen O'Malley Dillon mengatakan Harris tidak perlu dikarantina. Namun, dia tetap harus berhati-hati, termasuk membatalkan agenda perjalanan dan melakukan kampanye secara virtual.(CNA/OL-11)

BERITA TERKAIT