16 October 2020, 14:26 WIB

Curah Hujan Tinggi Diprediksi Landa Jawa bagian Selatan


Toshi Wicaksono | Nusantara

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menghitung seberapa besar peningkatan curah hujan sebagai dampak La Nina, termasuk di wilayah Jawa. Diperkirakan, yang mengalami kenaikan curah hujan cukup tinggi hingga 20%-40% sebagian besar di wilayah Jawa bagian selatan dan timur.

Adapun Jawa untuk bagian tengah relatif aman. Demikian disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Temanggung, Jawa Tengah. Namun demikian, penting untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu La Nina.

"Untuk wilayah Temanggung, alhamdulillah peningkatannya tidak signifikan. Meskipun begitu tetap harus waspada, karena beberapa titik di wilayah Temanggung rawan longsor saat musim hujan," cetus Dwikorita.

Dwikorita mengatakan, berdasarkan informasi tersebut, perlu diwaspadai bersama potensi curah hujan yang akan terjadi dan dampaknya terhadap kegiatan pertanian. Dengan demikian penting untuk melakukan perencanaan dan upaya intervensi pencegahan kerusakan maupun dampak lain.

"Jika ada upaya antisipasi hal ini, keberhasilan produksi pertanian dapat tumbuh secara optimal,"ujar Dwikorita. (OL-14)

BERITA TERKAIT