16 October 2020, 14:20 WIB

KPU Klaim Masa Kampanye Berjalan Kondusif


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MASA kampanye yang sudah berjalan 20 hari sejak 26 September dinilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI semakin kondusif. Evaluasi dan perbaikan tahapan ini menjadi perhatian dalam mencegah pelanggaran khususnya menyangkut protokol kesehatan covid-19.

"Secara umum tahapan kampanye berjalan kondusif. Namun demikian upaya-upaya untuk meningkatkan mutu dan manajemen atau tata kelola kampanye harus terus dilakukan," kata Komisioner KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi kepada Media Indonesia, Jumat (16/10).

Raka Sandi mengatakan KPU RI terus meningkatkan komunikasi dengan KPU daerah dalam rangka evaluasi dan perbaikan tahapan kampanye yang akan berakhir 5 Desember. Pelaksanaan tahapan yang berlangsung 71 hari ini menjadi fokus perhatian KPU karena setiap pelanggarannya dapat berdampak buruk bagi mutu demokrasi serta kesehatan masyarakat.

"Kami, KPU RI, pada Kamis (15/10) telah melakukan rapat koordinasi dan evaluasi terhadap penyelenggaraan kampanye bersama KPU Provinsi se-Indonesia secara daring. Tiap KPU Provinsi telah mempresentasikan penyelenggaraan tahapan kampanye serta kendala-kendala yang dihadapi," ungkap Raka Sandi.

Kendala yang muncul sangat khas sehingga bisa ditangani dengan cara yang khusus juga. Mengenai penanganannya, kata dia, masing-masing KPU daerah telah memiliki solusinya. "Selain itu, juga disampaikan langkah-langkah antisipasi dan solusinya," pungkasnya. (P-2)

BERITA TERKAIT