16 October 2020, 13:57 WIB

Kapolresta Sidoarjo Optimistis Wilayahnya Berubah ke Zona Kuning


Heri Susetyo | Nusantara

KAPOLRESTA Sidoarjo Kombes Sumardji optimistis wilayahnya segera berubah dari zona orange ke zona kuning dalam waktu dekat.

Keyakinan Sumardji tersebut setelah melihat adanya penurunan signifikan kasus covid-19 di Sidoarjo. Selain itu juga didukung kesadaran masyarakat yang semakin tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Sejak 14 September sampai sekarang, alhamdulillah kasus covid-19 di Sidoarjo mengalami penurunan drastis. Dari yang sebelumnya merah, menjadi zona orange. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa turun lagi menjadi zona kuning," tegas Sumardji di hadapan Forum Kerukunan Umat Beragama di Mapolresta Sidoarjo, Jumat (16/10).

Sumardji menambahkan, pasien covid-19 yang dirawat di 11 RS rujukan di Sidoarjo diperkirakan tinggal 142 orang. Sementara dari total positif 6.822 orang di Sidoarjo, yang sudah sembuh terus meningkat sebanyak 5.882 orang per Jumat ini (16/10).

Apabila masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dan angka pelanggaran terus turun, status Sidoarjo segera berubah ke kuning. Sumardji bersyukur warga Sidoarjo dinilai sangat mendukung program pemerintah dalam menekan angka sebaran covid-19. Hal itu membuat petugas kian bersemangat mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan.

"Hasil nyata, jika dibandingkan sebelumnya perkembangan covid-19 sudah luar biasa, jika sebelumnya di jalanan banyak ambulans berkeliaran. Sekarang sudah jarang, ya sekitar 35-40 persen. Jadi sangat luar biasa," kata Sumardji. (J-1)

BERITA TERKAIT