16 October 2020, 12:35 WIB

Eduwisata di Tangan Para Rektor


Tosiani | Nusantara

SEJUMLAH pemimpin perguruan tinggi di Magelang, Jawa Tengah
menggagas program eduwisata. Upaya ituu untuk mempromosikan
potensi setiap perguruan tinggi sekaligus pariwisata di Magelang.

Pembahasan mengenai hal itu disisipkan pada acara Diskusi Pendidikan Tinggi dan Penandatangan Nota Kesepahaman antar Pimpinan Perguruan Tinggi di Wilayah Magelang di Ruang Multimedia, Universitas Tidar Magelang.

Pemimpin perguruan tinggi yang hadir ialah Rektor Universitas Tidar Prof Mukhamad Arifin, Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, Direktur Akademi Teknik Tirta Wiyata Suparto Edi Sucahyo, Ketua STIMIK Bina Patria Sukris Sutiyatno, Wakil Direktur II Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang Yudiani Rina Kusuma, Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Suliswiyadi, dan Ketua Perwakilan Jurusan Kebidanan Magelang Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Sri Widatiningsih.

"Acara ini merupakan kesempatan pertama bagi para pimpinan perguruan tinggi di wilayah Magelang dapat bertemu, bersilaturahmi dan menjalin kerja sama dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan," ujar Arifin.

Sementara Totok Imam Santoso mengatakan, dari pertemuan ini yang paling penting ialah mengajak kerja sama para dosen untuk mengajar. Akmil  juga akan segera mempersiapkan program kerjasama lainnya seperti pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada pertemuan itu disepakati para pemimpin mendukung program eduwisata. Setiap perwakilan perguruan tinggi menawarkan potensinya. Selanjutnya akan dibuatkan sebuah paket atau program kunjungan edukasi. Selain kunjungan ke kampus, pengunjung bisa juga datang ke potensi-potensi wisata di sekitar Magelang. Umpamanya ke Pasar Rejowinangun, salah satu objek wisata.

Para pemimpin perguruan tinggi bertekad akan membahas program ini lebih lanjut pada pertemuan forum berikutnya. Dalam pertemuan itu juga disepakati kerja dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (N-2)

BERITA TERKAIT