16 October 2020, 12:28 WIB

Gaikindo Jakarta Auto Week Diundur Awal 2021


RO | Otomotif

GABUNGAN Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terus berupaya memulihkan industri otomotif di bawah arahan pemerintah, salah satunya dengan rencana menggelar Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di akhir tahun 2020 ini.

Akan tetapi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke-dua di Jakarta berdampak terhambatnya persiapan GJAW yang membuat rencana penyelenggaraan di akhir November ini dirasa akan kurang maksimal.

Atas dasar tersebut, Gaikindo memutuskan untuk menunda penyelenggaraan GJAW tahun ini dan memundurkannya hingga awal tahun depan, tepatnya pada 9-17 Januari 2021.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan bahwa Gaikindo memiliki tanggung jawab kepada anggotanya, serta pemerintah dan masyarakat untuk terus mendorong industri otomotif Indonesia dimana saat ini adalah dengan cara menggelar pameran otomotif.

“Menjadi tanggung jawab GAIKINDO agar penyelenggaraan pameran ini dapat berlangsung baik, aman dan lancar. Pameran pada saat ini menjadi penting karena menandai titik kebangkitan industri otomotif Indonesia,” ujar Yohannes, Kamis (15/10).

Gaikindo berjanji akan memaksimalkan GJAW di awal tahun depan dengan menyusun perencanaan lebih matang. GJAW adalah pameran yang dirancang untuk menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Rizwan Alamsyah menjelaskan, bila tidak ada hambatan GJAW akan menjadi pameran otomotif pertama yang berlangsung setelah hampir semua event otomotif ditangguhkan pada 2020. 

"Kami meyakini penyelenggaraanya akan menjadi momentum yang sangat baik dan sangat ditunggu baik dari para merek serta juga masyarakat yang pasti sudah sangat kangen dengan suasana pameran otomotif,” papar Rizwan.

Semua hal itu menurut Rizwan dapat dipastikan terlakasana dengan baik tepat di awal 2021 nanti, jika kondisi pandemi covid-19 sudah dapat diatasi dan kesehatan dan keamanan masyarakat terjamin

Berlangsung selama sembilan hari, GJAW akan digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, yang berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Berbagai program telah disiapkan untuk mendongkrak penjualan selama pameran.

“Pameran tentu akan menjalankan protokol pengamanan covid-19, yang termasuk juga meminimalkan kontak langsung,” tutur Rizwan. Menurutnya, GJAW akan menjalankan proses digital termasuk pada saat pembelian tiket yang akan dijual secara online saja.

Yohannes menambahkan bahwa Januari adalah saat yang sangat tepat untuk menyelenggarakan pameran GJAW, yang akan menjadi sebuah tonggak yang menunjukkan semangat postif industri otomotif Indonesia dalam melalui masa berat di 2020. 

“Pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week pada Januari nanti akan menjadi usaha GAIKINDO di bawah arahan pemerintah untuk mendorong industri otomotif Indonesia keluar dari masa sulit,” tutup Yohannes. (S-4)

BERITA TERKAIT