16 October 2020, 12:04 WIB

Taput Berpotensi Ekspor Nenas ke Jepang


Januari Hutabarat | Nusantara

Di tengah pandemi covid-19, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Kepala Dinas Pertanian Sey Pasaribu, menaawarkan hasil pertanian nenas ke Jepang melalui zoom meeting di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput memaparkan bagaimana produksi nenas di daerah itu. Khususnya hasil pertanian dari Kecamatan Sipahutar yang memiliki rasa khas tersendiri.

Nikson Nababan mengatakan, produksi nenas dari Kecamatan Sipahutar jumlahnya 134.096,90 ton per tahun dengan kualitas tinggi sehingga mampu bersaing di pasar dunia.

Baca Juga: Nanas Indonesia Berpeluang Tembus Pasar Eropa

Pada kesempatan itu, Heri Akhmadi, Dubes Indonesia untuk Jepang saat zoom meeting menyampaikan bahwa keunggulan nenas asal Tapanuli Utara akan dikaji untuk dipasok ke Jepang.

''Kerja sama terdahulu antara Pemerintah Tapanuli Utara dengan JICA Jepang akan melanjutkan kerja sama untuk ekspor nenas,'' ujar Heri Akhmad.

Ammarsjah sebagai narasumber menyampaikan bahwa produktivitas nenas asal Sipahutar dinilai mampu menjawab kebutuhan Jepang. "Tinggal bagaimana kita menyepakati dan apa harus kita akan lakukan," ujar Ammarsjah mengakhiri. (JH/OL-10)

BERITA TERKAIT