16 October 2020, 10:35 WIB

Pesawat Tariku Tergelincir Di Pedalaman Papua


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

PESAWAT Tariku PK-RWR mengalami insiden gagal mendarat dalam penerbangan dari Bandara Udara Douw Aturure, Kabupaten Nabire menuju Bayabiru, Kabupaten Paniai, Kamis (15/10) sekitar pukul 10.10 WIT.

Informasi terakhir yang diperoleh, pesawat gagal mendarat diduga lantaran kondisi landasan yang licin sehingga pesawat tergelincir.

"Pesawat Tariku PK-RWR membawa bahan makanan bersama 2 penumpang mengalami insiden gagal landing yang disebabkan kondisi landasan yang licin," ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa, Kamis (15/10).

Baca juga: Gubernur Papua Barat Minta FKUB Jaga Kerukunan Jelang Pilkada

Ahmad menjelaskan, pada saat melakukan pendaratan, cuaca di sekitar bandara juga tengah gerimis.

Ahmad mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu namun kemungkinan keberangkatan pesawat akan ditunda hingga situasi dan kondisi kembali memungkinkan.

"Siang ini, pesawat akan ditarik oleh warga masyarakat secara manual ke hangar pesawat," ucapnya.

Para petugas pesawat maupun penumpang pesawat tersebut, kini telah mendapat pertolongan dari Kepolisian Sub Sektor Bayabiru.

Adapun Sriram yang merupakan pilot pesawat dan Edu (Co Pilot) dalam keadaan selamat. Sementara dua penumpang, yakni Tiar dan Nur Wahida, berhasil dievakuasi oleh tim yang berada di lokasi.

Dalam insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa. Hanya badan pesawat masih berada di landasan Bandara Bayubiru dan selanjutnya akan dilakukan proses evakuasi.

"Pesawat mengalami kerusakan pada bagian depan akibat benturan," paparnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT