16 October 2020, 09:59 WIB

Progress Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Capai 38,37%


Hilda Julaika | Megapolitan

REVITALISASI Taman Ismail Marzuki (TIM), pekan ini, sudah mencapai kemajuan pambangunan sebesar 38,37%. Adapun proses revitalisasi ini sudah memasuki pekan ke-65.

Manajer Proyek Revitalisasi TIM Tabah Noekman mengatakan, proses pengerjaan revitalisasi TIM semakin menunjukkan progres di tengah kondisi pandemi covid-19 yang mewabah di Jakarta.

Pada masa pandemi covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meski begitu, sektor usaha bidang konstruksi merupakan sektor usaha yang dikecualikan untuk terus beroperasi.

Baca juga: Pembenahan Kampung Akuarium, Bukit Duri, dan Bayam Dimulai

Hingga pekan ke-65, Tabah merinci progres revitalisasi tersebut. Di antaranya, progres Gedung Parkir dan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) mencapai 84,84%. Sedangkan untuk Gedung Perpustakaan dan Wisma Seni mencapai 16,90%.

Adapun, Masjid Amir Hamzah yang ada bagian belakang di TIM pengerjaannya sudah rampung 100%. Dengan demikian, masjid ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah.

Tabah mengatakan, pengetatan dan penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat dan disiplin di area proyek. Hal ini untuk memastikan para pekerja proyek selalu dalam keadaan sehat dan nyaman.

“Protokol ketat. Misalnya setiap orang yang datang kita harus cek suhu tubuhnya. Nanti kita kasih label berapa suhunya. Untuk pekerja kalau ada yang panas berlebih kita isolasi dan setiap bulan kita rapid test,” katanya di Jakarta, Jumat (16/10).

Sesuai rencana, Tabah mengungkapkan proyek revitalisasi TIM akan dilangsungkan secara dua tahap. Alasan dilaksanakan menjadi dua tahap lantaran keunikan jenis bangunannya. Sebab, jenis dan karakter bangunan di TIM berbeda-beda. Misalnya saja, di TIM terdapat Gedung Pertunjukan, Gedung Bioskop, Perpustakaan, Office, Wisma, hingga bangunan Pendidikan seperti Planetarium.

“TIM kalo dibangun dalam satu fase sulit, karena ini multibuilding. Unik sebetulnya, sebab semua unsur di TIM ada, mulai dari pendidikan, seni budaya, film, theatre, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Pada tahap pertama, menurut Tabah, Proyek Revitalisasi Taman Ismail Marzuki dimulai dan difokuskan pada Masjid Amir Hamzah, Gedung Parkir dan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar), serta Gedung Perpustakaan dan Wisma Seni.

Sementara itu, rencananya pada tahap kedua proyek pengerjaan akan difokuskan pada Gedung Pertunjukan, Planetarium, beserta Gedung yang melingkarinya. Selain itu, pada tahap dua juga direncanakan akan dibangun juga lokasi theatre halaman serta infrastruktur kawasannya.

“Harapannya dengan infrastruktur ini mengurangi efek banjir yang sering terjadi,” pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT