16 October 2020, 04:25 WIB

Palembang-Betung, dari 2 Jam Jadi 30 Menit


(DW/LD/DY/AP/N-3) | Nusantara

PEMBANGUNAN infrastruktur terus berjalan. Kemarin, giliran Jalan Tol Trans-Sumatra ruas Palembang-Betung yang mulai dibangun.

Seremoni dimulainya pembangunan dilakukan di Desa Mainan, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. PT Waskita Karya yang membangun ruas ini siap tancap gas dengan target penyelesaian pada Desember 2021. "Tol ini akan menghemat waktu dari semula 2 jam menjadi hanya 30 menit," kata Dirjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hedy Rahadian.

Pemerintah, lanjutnya, juga berharap aktivitas ekonomi di sepanjang koridor tol dapat meningkat. Bahkan, pemerintah juga menggagas untuk membangun pusat pertumbuhan ekonomi di sepanjang tol.

Tol Palembang-Betung juga sudah dinanti Gubernur Herman Deru. "Jalan ini dibutuhkan masyarakat sebab jalan lintas sudah cukup padat."

Kerja keras tanpa henti di tengah pandemi juga membuat pekerjaan jalan underpass Jenderal Soedirman dan overpass Kebasen di Banyumas,

Jawa Tengah, kelar dilaksanakan dan sudah dioperasikan. Pembangunan kedua proyek itu membuat lalu lintas kendaraan lebih lancar karena tidak lagi melewati pelintasan sebidang dengan kereta api.

"Pemerintah berkomitmen meningkatkan keselamatan transportasi. Kedua proyek membuat tidak ada lagi jalan pelintasan sebidang dengan kereta api," ujar Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

Bupati Achmad Husein mengakui underpass dan overpass telah menyelesaikan salah satu masalah. "Sebelum ini dibangun, kemacetan panjang sering terjadi."

Namun, masih banyak infrastruktur di Tanah Air yang juga butuh perhatian. Ruas jalan trans-Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kabupaten Tanah Laut menuju Kabupaten Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan, misalnya, kondisinya rusak parah. (DW/LD/DY/AP/N-3)

BERITA TERKAIT