16 October 2020, 04:15 WIB

Pembenahan Kampung Akuarium, Bukit Duri, dan Bayam Dimulai


(Ssr/Hld/J-2) | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta mengatakan 3 dari 21 kampung kumuh yang merupakan bagian community action plan (CAP) sedang dalam proses pembangunan.

Ketiga lokasi itu ialah Kampung Akuarium dan Kampung Bayam di Jakarta Utara serta Kampung Bukit Duri di Jakarta Selatan.

“Di wilayah DKI Jakarta terdapat sebanyak 21 kampung prioritas, salah satunya Kampung Akuarium, Bukit Duri, dan (Kampung) Bayam kini dalam proses,” kata Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Permukiman DKI Jakarta Suharti dalam diskusi virtual, kemarin.

Dia menambahkan, akibat beratnya penularan pandemi covid-19 yang menimpa warga Jakarta, Pemprov DKI Jakarta pun hanya mampu menata sebanyak 11 kampung kumuh dari target APBD DKI Jakarta TA 2020 dengan total 56 RW.

Pembangunan Kampung Akuarium ditargetkan selesai tahun depan. Soal a pakah warga harus membayar sewa jika tinggal di hunian di lokasi itu, sampai saat ini masih dalam pembahasan. Namun, yang pasti direncanakan warga akan membayar biaya pemeliharaan hunian ke koperasi.

“Sekarang di Kampung Akuarium sudah didirikan koperasi untuk tempat masyarakat membayar. Mereka tidak mungkin tinggal secara gratis. Ada biaya perawatan dan pemeliharaan,” tandasnya. (Ssr/Hld/J-2)

BERITA TERKAIT