16 October 2020, 04:10 WIB

Inspeksi Seluruh Bangunan Liar di Bantaran Kali


(Hld/J-2) | Megapolitan

PENGAMAT tata kota Nirwono Joga mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan inspeksi ke seluruh bangunan di bantaran kali. Kuat dugaan ada banyak bangunan yang melanggar ketentuan sempadan sungai sehingga menjadi rawan longsor, seperti di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Pemprov DKI Jakarta dan DPRD dapat melakukan inspeksi di seluruh bantaran kali dan yang pasti akan mendapatkan banyak bangunan yang berdiri di sempadan sungai yang rawan longsor,” kata Nirwono, kemarin.

Pemprov DKI Jakarta juga bisa langsung melakukan penyegelan permanen terhadap bangunan yang melanggar ketentuan.

Terkait dengan kasus di Jagakarsa, terang dia, pengembang Perumahan Melati Residence harus bertanggung jawab dengan membongkar bangunan rawan longsor dan memperbaiki tanggul serta dinding penahan tanah yang longsor itu.

Komisi D DPRD DKI Jakarta juga berencana memanggil seluruh pihak yang terkait dengan kejadian bencana tanah longsor di Jagakarsa, termasuk pengembang, pekan depan.

“Pengembang, RT, RW, camat, lurah, dan warga setempat untuk mengetahui dari berbagai sudut pandang, termasuk Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta terkait dengan perizinan,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh. (Hld/J-2)

BERITA TERKAIT