16 October 2020, 05:42 WIB

20 Orang Tewas dalam Serangan di Utara Burkina Faso


Siti Retno Wulandari | Internasional

SEJUMLAH 20 orang tewas dalam serangan yang dilancarkan kelompok militan di tiga desa di utara Burkina Faso.

Juru bicara pemerintah Remis Fulgance Dandjinou mengatakan serangan itu terjadi pada Rabu (14/10) di desa Demniol, Bombofa dan Peteguerse di Provinsi Seno.

"Hitungan sementara serangan yang dilakukan di pasar dan desa menunjukkan sekitar 20 korban, serta orang yang terluka dan hilang," kata Dandjinou.

Gubernur daerah Salfo Kabore mengonfirmasi serangan itu dalam pernyataan lain.

Seorang penduduk daerah mengatakan sedikitnya 24 orang tewas dalam serangan itu.

"Rabu adalah hari pasar mingguan di daerah tersebut," kata penduduk seraya menambahkan jika jumlah korban bisa bertambah lantaran banyak orang yang masih belum ditemukan.

"Pemerintah mengutuk serangan pengecut dan biadab ini terhadap penduduk sipil yang damai," kata Dandjinou sembari menyampaikan pasukan keamanan telah dikerahkan ke tiga desa.

Baca juga: Serangan Kelompok Militan di Burkina Faso Tewaskan 122 Orang

Burkina Faso, salah satu negara termiskin di dunia, dilanda pemberontakan yang datang dari negara tetangga Mali pada 2015. Ratusan orang tewas dalam puluhan serangan terhadap warga sipil tahun ini.

PBB mencatat awal bulan ini, 25 warga sipil, kebanyakan dari mereka mengungsi akibat kekerasan kelompok militan, tewas dalam penyergapan di bagian tengah-utara negara itu.

Menurut angka PBB, sekitar 4.000 orang tewas akibat kekerasan di Mali, Niger dan Burkina Faso tahun lalu.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT