16 October 2020, 03:30 WIB

Menteri Olahraga Italia Sebut Ronaldo Langgar Protokol Covid-19


Siti Retno Wulandari | Sepak Bola

MENTERI Olahraga Italia Vincenzo Spadafora menuding Cristiano Ronaldo melanggar protokol kesehatan covid-19. Itu lantaran CR7, julukan Ronaldo, pergi ke Portugal sementara Juventus harus melakukan isolasi mandiri akibat ditemukannya kasus positif pada tim tersebut.

"Ya, saya rasa demikian, jika tidak ada izin khusus dari otoritas kesehatan," kata Spadafora.

Ronaldo pun berisiko terkena denda setelah bergabung dengan tim nasionalnya pekan lalu, sementara Juventus sedang melakukan isolaso usai dua anggotanya dinyatakan positif.

Pemenang Ballon d'Or lima kali itu baru dinyatakan positif pada hari Senin (12/10), sehari setelah Portugal bermain imbang 0-0 dengan Prancis di Paris. Kemudian, Ronaldo justru kembali ke Italia dengan jet pribadinya pada hari Rabu (14/10).

Presiden Juventus Andrea Agnelli Kamis mengatakan klubnya menerapkan protokol olahraga. Ia pun merujuk pada aturan Kementerian Kesehatan dan Dalam Negeri untuk mengetahui aturan mana yang telah dilanggar Ronaldo.

"Cristiano Ronaldo kembali ke Italia dengan penerbangan medis yang disahkan oleh otoritas kesehatan yang kompeten atas permintaan pemain dan akan melanjutkan isolasi di rumahnya," kata Juventus dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Rekornya Dilewati Neymar, Ronaldo Ucapkan Selamat

Seluruh tim Juventus kembali dalam isolasi pada Rabu (14/10) malam setelah gelandang AS Weston McKennie dinyatakan positif.

Baik McKennie dan Ronaldo berada di karantina, setidaknya selama 10 hari dan harus dinyatakan negatif sebelum bergabung kembali dengan rekan satu tim mereka.

Di bawah aturan UEFA, seorang pemain harus memberikan bukti bahwa dia tidak lagi sakit seminggu sebelum pertandingan Eropa.

Ronaldo, yang akan absen dalam pertandingan pembuka Liga Champions Juventus melawan Dynamo Kiev pada 20 Oktober, harus dinyatakan negatif pada 21 Oktober untuk bermain melawan Barcelona seminggu kemudian.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT