15 October 2020, 23:56 WIB

Gubernur Lemhannas: IKAL Tempat Bersandar Seluruh Komponen Bangsa


Syarief Oebaidillah | Politik dan Hukum

GUBERNUR Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen Purn ) Agus Widjojo menegaskan, Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) harus tumbuh dan berkembang sebagai tempat bersandar bagi seluruh komponen bangsa yang mendambakan Indonesia bersatu, maju dan sejahtera.

Penegasan Gubernur Lemhannas tersebut disampaikan pada Upacara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat DPP IKAL masa bhakti tahun 2020-2025 di ruang konstitusi gedung Lemhannas Jakarta, Kamis (15/10).

“Kehadiran alumni Lemhannas yang tersebar diseluruh Indonesia perlu diberdayakan dan dimanfaatkan untuk menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam berbagai aktivitas yang termuat dalam misi IKAL .Anggota IKAL juga mesti membangun dan meningkatkan kebersamaan dalam rangka memperkuat komitment pengabdian pada bangsa dan Negara “ kata Agus.

Dalam konteks persatuan dan kesatuan bangsa, Agus mengingatkan seluruh anggota IKAL Lemhannas agar menjaga nama baik dengan tidak memberikan komentar maupun pernyataan-pernyataan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan apalagi jika terkait dengan politik praktis.

Jika hal itu terjadi, maka IKAL Lemhannas sebagai organisasi dapat menegur, memberikan sanksi bahkan mencabut status keanggotaan IKAL,bagi yang bersangkutan.

Baca juga : Tekan Dinasti Politik dengan Memperketat Syarat Pencalonan

Seperti diketahui Munas IV IKAL Lemhannas yang berlangsung 27 Agustus 2020 di Jakarta telah menetapkan Jenderal TNI ( Purn ) Agum Gumelar sebagai Ketua Umum masa bhakti tahun 2020-2025.

Dalam kesempatan tersebut Agum Gumelar menyatakan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan dan berjanji akan melaksanakan amanah anggota IKAL dengan sebaik-baiknya.

“Tugas utama IKAL Lemhannas apalagi disaat Indonesia menghadapi pandemi Covid 19 adalah sikap peduli untuk terus merajut persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan disiplin mematuhi protokol kesehatan serta memberikan masukan positif kepada pemerintah Pusat dan daerah, dalam kehidupan demokrasi dengan cara-cara yang ber-etika, elegan dan patuh pada hukum yang berlaku “ tegas Agun. 

Agum terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPP IKAL. Sementara Mustafa Abu Bakar sebagai Waketum I, Komjen Pol (Purn) Togar M Sianipar sebagai Waketum II, Marsdya TNI (Purn) Daryatmo sebagai Sekjen, dan Dadan Irawan Sarpingi sebagai Bendahara Umum.

Dalam masa bhakti kepengurusan 2015-2020 IKAL Lemhannas berhasil membentuk 30 Komisariat IKAL Propinsi seluruh Indonesia, secara marathon melakukan serangkaian kegiatan pengkajian masalah-masalah strategis kebangsaan, melakukan bhakti sosial kemasyarakatan berskala nasional dan daerah (OL-7)

BERITA TERKAIT