15 October 2020, 22:58 WIB

Untar Gelar Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020


Syarief Oebaidillah | Humaniora

UNIVERSITAS Tarumanagara ( Untar) menggelar ajang nasional Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020. Ajang nasional yang dihelat secara virtual ini diikuti 600 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan 36 kampus.

Ajang itu mengambil tema entrepreneurship atau kewirausahaan guna mendorong mahasiswa menyiapkan bisnisnya sendiri.

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan memaparkan, setiap tahun dibutuhkan sekitad 3 juta lapangan pekerjaan. Untuk itu kalangan kampus atau perguruan tinggi mesti kreatif dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul yakni tenaga profesional guna memasuki dunia pekerjaan.

Adapun ajang Pertukaran Mahasiswa Nusantara ini, menurut Agustinus merupakan bentuk implementasi dari Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digaungkan Kemendikbud. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi interaksi dosen, mahasiswa, serta pelaku usaha sehingga terbentuk jejaring atau networking.

"Kegiatan nasional Pertukaran Mahasiswa Nusantara yang digelar ini kami harapkan dapat mendorong mahasiswa kita mampu membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong kesempatan kerja bagi orang lain," kata Agustinus Purna Irawan ketika membuka Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020 secara virtual, di Kampus Untar Jakarta, Kamis (15/10).

Menurutnya, kendati masa pandemi, kegiatan pertukaran mahasiswa nasional ini baru pertama kali digelar Untar.Diharapkan dari kegiatan selama tiga hari ini akan lahir para startup yang mampu menjadi entrepreneur.

Baca juga : Kemendikbud dan Komisi X DPR Kuatkan Peran SMK di Pedesaan

Agustinus mengungkapkan di kampus Untar terdapat.3 ribu mahasiswa yang.sudah mempunyai bisnis dari total 15 ribu mahasiswa. Mereka kebanyakan lahir dari keluarga pebisnis yang telah sukses dan menitipkan anak anaknya menempuh kuliah di Untar.

Rektor Institut Sains dan Teknologi AKRPIND Yogyakarta Amir Hamzah yang hadir mengapresiasi even nasional. yang digelar.Untar.

"Apa yang digelar Untar oleh pak Agustinus ini merupakan kuliah terbesar diikuti 36 kampus dan ratusan mahasiswa yang bergabung,” ujarnya.

Pada sesi diskusi.CEO Talk, Tania Hendrica, founder Papermotion tampil memaparkan tips dan kiat membangun startup yang sukses.

Alumni Fikom Untar angkatan 2012 Jurusan Advertising ini mengutarakan langkah yang dilakukan adalah membangun relasi atau jaringan dan networking.Pada masa kuliah aktif dan membangun jaringan yang luas sembari tetap belajar menuntut ilmu. (OL-7)

BERITA TERKAIT