16 October 2020, 08:05 WIB

Operasi Pengambilan Donor Kornea Mata cuma 15 Menit


Indriyani Astuti | Humaniora

TINDAKAN medis dapat memulihkan penglihatan seseorang yang sebelumnya menderita kebutaan, asalkan kebutaan yang dideritanya karena kerusakan atau kekeruhan kornea matanya. Cara ini ditempuh lewat transplantasi (pemindahan) kornea mata dari seseorang yang telah meninggal, kepada seseorang cacat mata.

Kornea adalah lapisan pelindung terluar mata yang berfungsi mencegah kotoran dan benda asing serta menyaring sinar UV yang masuk ke mata. Seseorang yang mendonorkan kornea matanya tidak berarti diambil seluruh bagian bola mata, melainkan bagian kornea saja. Operasi pengambilan kornea mata ini pun sangat cepat, kurang dari 15 menit.

"Donor mata dilakukan saat pendonor sudah meninggal," tulis Bank Mata Indonesia dalam laman resminya.

Apabila seseorang telah terdaftar di calon donor mata, maka ahli waris wajib memberitahukan pihak Bank Mata Indonesia kurang dari 6 jam setelah calon donor mata dinyatakan meninggal dunia. Selanjutnya, pihak bank mata Indonesia akan segera mengirimkan petugasnya untuk melakukan operasi kecil pengambilan kornea di tempat jenazah dibaringkan dan hanya mengambil korneanya saja bukan bola matanya.

Adapun, beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang donor mata, antara lain, sudah diatas 17 tahun dan iklas tanpa paksaan dari pihak lain dan disetujui keluarga/ahli waris.

Pendonor juga tidak menderita penyakit systemis maupun syarat pusat yang disebabkan virus AIDS, Hepatitis, CythoMegalo Virus maupun rabies/anjing gila, serta tumor ganas yang bersifat sistemis seperti leukemia dan limpoma malignum. Bank Mata Indonesia juga tidak menerima donor kornea dari orang yang tidak diketahui kapan dan penyebab kematiannya.

Untuk bisa menjadi pendonor kornea mata, Anda bisa mendaftar ke Sekretariat Bank Mata Indonesia atau mengisi data di laman DokterSehat.com dan mengirimkan dokumen tersebut via email ke info@bankmataindonesia.org.

Kornea adalah bagian mata yang penting karena menentukan seberapa baik tingkat fokus mata terhadap suatu objek. Saat membuka acara Cornea Donation Center Rumah Sakit Mata Undaan (CDC RSMU) Surabaya, melalui video virtual, di Jakarta, Kamis (15/10), Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan donor kornea mata di Indonesia masih minim. Ia pun mendorong masyarakat Indonesia untuk mendonorkan kornea matanya.

Saat ini Indonesia banyak menerima kornea donor dari Srilanka, India, Belanda maupun Amerika Serikat. Penduduk Srilanka yang mayoritas beragama Budha, secara sukarela mendonasikan matanya pada saat meninggal dunia. (H-2)

BERITA TERKAIT