15 October 2020, 19:14 WIB

Pemulihan Ekonomi Nasional Berjalan, Jika Perusahaan Terapkan GRC


mediaindonesia.com | Ekonomi

SEKRETARIS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi RI, Dwi Wahyu Atmaji, mengatakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan berjalan dengan baik jika perusahaan di Indonesia mengimplementasikan GRC (governance, risk management, and compliance).

“Perusahaan-perusahaan di Indonesia akan dapat terus tumbuh, sehingga tetap mampu menopang program pemulihan ekonomi nasional dan program kesehatan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 ini,” kata Dwi pada acara puncak penghargaan TOP GRC Awards 2020 secara virtual melalui Zoom, Youtube, dan Facebook, Kamis (15/10).

UU Cipta Kerja tarik investasi

Dalam sambutannya, Dwi yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Sekretaris Jenderal Kementerian & Lembaga Non Kementerian, turut mengatakan bahwa pengesahan UU Cipta Kerja yang dapat menarik banyak investasi PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) di Tanah Air.

“Dengan demikian, maka lapangan kerja bagi masyarakat, semakin terbuka. Ini merupakan salah satu solusi nyata untuk mengatasi PHK (pemutusan hubungan kerja) selama pandemi covid-19 ini,” ujar Dwi.

Selain itu, menurut Dwi, UU Cipta Kerja juga diarahkan untuk memperluas peluang kerja bagi angkatan kerja baru. “Jangan sampai, anak-anak, kesulitan mendapatkan kesempatan kerja, di masa-masa mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, pada acara tersebut diselenggarakan Majalah Top Business, dan bekerja sejumlah institusi. Sejumlah perusahaan terkemuka muncul sebagai pemenang penghargaan tersebut TOP GRC Awards 2020.

Mereka berasal dari berbagai sektor dan dua di antaranya yang merupakan perusahaan terbuka dan emiten pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Peraih TOP GRC Awards 2020 di antaranya Indonesia Power, Jasa Raharja, PTBA, CIMB Niaga, JIEP Pulogadung, KSO Terminal Petikemas Koja, PT PLN Batam, Pertamina Bina Medika-IHC, Waskita Karya, IPC Terminal Petikemas, Lintasarta, Waskita Realty, dan Jasa Armada Indonesia.

“Pemenang TOP GRC Awards, dapat dinilai sebagai perusahaan terbaik, yang telah menerapkan GRC dengan baik, untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan,” kata M. Lutfi Handayani  selaku Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2020.

“Melihat besarnya manfaat yang dapat diperoleh bagi perusahaan peserta, maka sangat disayangkan jika ada perusahaan yang belum mengikuti TOP GRC Awards,” tegas Lutfi.

Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2020, Antonius Alijoyo, mengatakan bahwa kegiatan TOP GRC Awards 2020, memiliki arti penting untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya, dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT