15 October 2020, 18:47 WIB

Sektor Pertanian tidak Terimbas Pandemi Covid-19


Widjajadi | Ekonomi

SEKTOR pertanian pada pandemi covid-19 ini masih menjanjikan dan memberikan kontribuai kuat bagi ketahanan pangan nasional. Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi sektor pertanian menunjukkan peningkatan 16,7 persen dan sisi ekspor masih tinggi.

"Yang jelas pada masa covid-19 ini, kata BPS hanya sektor pertanian yang naik. Kenaikannya mencapai 16,7 persen. Ini mengindikasikan akselerasi pertanian tetap terjaga dengan baik," ungkap Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo saat meninjau embung di Desa Giriroto, kecamatan Ngemplak, kabupaten Boyolali, Kamis siang (15/10).

Dengan fakta tersebut, lanjut Syahril, menjadi tanda bahwa selama masa covid-19 sektor pertanian tidak terganggu dan tetap memberi ruang dan peluang industri untuk perputaran bisnis dan ekonomi yang ada. Karena itu keberlangsungannya harus dijaga bahkan perlu dilakukan akselerasi, sesuai dengan karakter dan kondisi masing masing daerah di tanah air.

Dari peninjauan di Giriroto maupun di Desa Kranggan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Syahril melihat bahwa pertanian baik padi, jagung, kacang kacangan dan palawija terjaga dengan baik.

"Semua saya lihat pertanian baik. Pada semua komoditi berada dalam akseleratif tinggi. Tentunya ini harus dijaga, dan harus bisa dihubungkan dengan industri di pedesaan, " kata dia. (R-1)

BERITA TERKAIT