15 October 2020, 15:10 WIB

Manfaatkan Data Digital yang semakin Banyak


Wisnu AS | Teknologi

TIAP bisnis sedang menghadapi arus badai perubahan yang radikal dipicu dampak pandemi global. Segala sesuatu, mulai dari rapat tatap muka sampai berbelanja di toko grosir, telah berpindah ke jagat digital dengan sangat cepat. Hasilnya, organisasi atau perusahaan menghasilkan lebih banyak data daripada sebelumnya.

Ada lebih banyak transaksi digital yang harus dilacak dan dipantau. Setiap interaksi antara para pekerja, pelanggan, dan mitra berlangsung secara virtual. Dengan demikian, banyak data yang membanjiri setiap perusahaan.

Kondisi itu memberikan peluang untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih cepat. “Pelanggan kami memahami pentingnya data lifecycle untuk pengambilan keputusan berdasarkan data di seluruh lini bisnis mereka,” kata Arun Murthy, Chief Product Officer Cloudera.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, perusahaan data cloud kelas enterprise, Cloudera, menghadirkan layanan data cloud terbaru dan yang akan datang pada Cloudera Data Platform (CDP), yaitu CDP Data Engineering, CDP Operational Database, dan CDP Data Visualization. Layanan-layanan terbaru ini merupakan pengalaman analitik yang khusus dirancang bagi spesialis data.

Itu berbeda dengan layanan pada umumnya yang membutuhkan add-ons untuk kemampuan penting seperti otomatisasi workflow, prioritas pekerjaan, dan penyetelan kinerja. Layanan data cloud dari Cloudera sudah memasukkan seluruh kemampuan tersebut untuk membantu para data engineer, analis data, dan data scientist untuk bekerja lebih cerdas dan lebih cepat.

CDP dapat memanfaatkan jumlah dan jenis data yang hampir tidak terbatas, dari titik mana pun dalam life cycle data, untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Integrasi data lifecycle, data engineer, data analysts, dan data scientist dapat bekerja pada data yang sama secara aman dan efisien, tidak peduli lokasi data atau proses analitiknya dilakukan.

CDP Data Engineering merupakan layanan Apache Spark yang paling kuat di Kubernetes dan mencakup berbagai kemampuan untuk produktivitas lebih tinggi. Ini biasanya tidak akan disediakan oleh layanan data engineering tingkat dasar.

CDP Operational Database merupakan layanan database NoSQL berkinerja tinggi yang menyediakan skala dan kinerja yang tak tertandingi untuk aplikasi operasional bisnis yang sangat penting.

CDP Data Visualization Analis dan tim data science harus dapat membagikan dan menjelaskan hasil analitik dengan cara yang dapat dipahami dan kemudian diterapkan oleh pemangku kepentingan bisnis dengan cepat. (OL-14)

BERITA TERKAIT