15 October 2020, 16:54 WIB

Tingkat Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 di Kebumen Capai 66%


Lilik Darmawan | Nusantara

KASUS Covid-19 di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) telah menembus lebih dari 1.000 orang. Meski demikian, tingkat kesembuhan semakin meningkat dan saat sekarang sekitar 66%.

Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto mengatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Kebumen telah mencapai 1.005 kasus. Dari jumlah tersebut 665 di antaranya dinyatakan sembuh.

"Sampai sekarang, masih ada 76 yang dirawat di RS dan 238 lainnya menjalani isolasi. Sementara meninggal dunia sebanyak 26 pasien," jelas Cokro, Kamis (15/10).

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus meminta kepada masyarakat untuk berdisiplin mentaati protokol kesehatan. Apalagi, Kabupaten Kebumen  masih masuk zona oranye.

"Kalau untuk tingkat kecamatan, ada tiga yang masuk kategori zona merah yaitu Kebumen, Alian dan Pejagoan. Sedangkan untuk zona oranye sebanyak 12 kecamatan, zona kuning ada tujuh kecamatan dan zona hijau empat kecamatan," ujarnya.

Hingga kini, kata Cokro, pihaknya telah melakukan tes rapid untuk 36 ribu lebih penduduk, sedangkan untuk pemeriksaan tes PCR sebanyak 8.139 orang.

"Pemkab terus melakukan pengetesan terutama mereka yang merupakan kontak erat dan potensial. Di sisi lain, pemkab terus meminta kesadaran masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga dapat menurunkan kasus dan penyebarannya," kata dia.

Upaya lain yang dilakukan untuk pemutusan penyebaran Covid-19 adalah dengan melaksanakan sterilisasi di sejumlah wilayah di antaranya adalah Buluspesantren, Sruweng, dan Kecamatan Kebumen. "Kami juga terus mengirimkan logistik untuk kontak erat Covid-19 di Kecamatan Kebumen, Adimulyo, Sruweng, dan Puring," jelasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT