15 October 2020, 16:47 WIB

Polres Brebes Gagalkan Peredaran Ribuan Lembar Uang Palsu


Supardji Rasban | Nusantara

KEPOLISIAN Resort (Polres) Brebes Jawa Tengah, menangkap komplotan pengedar uang palsu. Dari tiga tersangka, polisi menyita 4.973 lembar uang palsu pecahan Rp100 ribu.

Kapolres Brebes AKB Gatot Yulianto menyebutkan tiga tersangka tersebut dicokok di depan sebuah minimarket di Kecamatan Songgom, Brebes. Mereka Riharjo, Kustari dan Slamet Riyadi, mereka warga Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Gatot menambahkan, penangkapan ketiga tersangka berawal dari patroli rutin jajaran Polsek Songgom. Saat itu, petugas curiga terhadap keberadaan mobil sedan Toyota Vios berwarna perak, yang berhenti di halaman sebuah minimarket.

Karena curiga, petugas kemudian menghampiri dan memeriksa identitas serta barang bawaan mereka. "Saat memeriksa di dalam bagasi mobil, petugas kami mendapatkan tumpukan uang yang diduga palsu tersimpan dalam dus. Pelaku langsung dibawa ke Mapolres Brebes bersama barang bukti," ujar Gatot di Mapolres Brebes, Kamis (15/10).

Gatot menuturkan, dari hasil pemeriksaan tim Bank Indonesia Tegal, uang pecahan Rp100.000 yang dibawa pelaku itu palsu. Sedangkan dari hasil penggembangan, diketahui uang palsu tersebut diperoleh dari wilayah Solo.

Mereka rencananya akan mengantarkan uang palsu tersebut ke seseorang yang sudah memesan, dan akan bertemu di Brebes. Orang yang akan ditemuinya itu berasal dari Semarang," terang Kapolres.

Gatot menerangkan, para tersangka bertugas mengedarkan uang palsu itu dan akan mendapatkan imbalan Rp2,5 juta. Menurut Kapolres, pelaku diancam pasal 36 ayat 2 dan 3 Undang-undang nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang. Mereka jteracam hukuman kurungan maksimal 15 tahun penjara. "Kami saat ini masih terus mengembangkan kasus ini dan yakin mereka mempunyai jaringan," ucap Kapolres. (R-1)

 

BERITA TERKAIT