15 October 2020, 16:20 WIB

Realisasi Anggaran Perlindungan Sosial Kemensos Capai 81%


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

Kementerian Sosial terus menggulirkan bantuan sosial baik reguler maupun khusus kepada masyarakat Indonesia sebagai bentuk penanggulangan dampak pandemi covid-19.

Menteri Sosial Juliari Batubara pun mengungkapkan sampai saat ini serapan anggaran Kemensos yang sudah mencapai 81%.

Tahun ini anggaran Kemensos mencapai Rp 134 triliun, dengan anggaran untuk pemilihan ekonomi nasional berupa perlindungan sosial mencapai Rp 128 triliun.

Baca juga: Kemenkes Serukan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

"Dari anggran pemuliahan ekonomi nasional mencapai Rp 300 triliun itu, hampir separuhnya yakni Rp 128 triliun ada di Kemensos. Jadi memang yang paling besar," kata Juliari dalam acara virtual INDONESIA BICARA: Efek Bergulir Bantuan Sosial, Kamis (15/10).

Diketahui, hal ini membuat Kemensos menduduki peringkat pertama di antara kementerian dan lembaga dalam penyerapan anggaran. "Kalau kita lihat realisasinya cukup baik, kita sudah serap anggaran 81% "kata Juliari.

Ia berharap waktu yang tersisa 2,5 bulan hingga akhir tahun ini bisa memaksimalkan penyerapan sisa anggarakan sehingga bisa membangkitkan ekonomi masyarakat. "Jadi kita harapkan 2,5 bulan ini makin menanjak, 100% mungkin tidak, tapi paling tidak, tidak jauh dari 100%," pungkasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT