15 October 2020, 15:28 WIB

Tiongkok Tuding AS Rusak Stabilitas di Selat Taiwan


Faustinus Nua | Internasional

TIONGKOK menuding Amerika Serikat (AS) serius merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Tepatnya, setelah kapal perusak milik Angkatan Laut AS berlayar melintasi wilayah perairan tersebut.

Padahal, hubungan antara Tiongkok dan Taiwan tengah memanas. Dalam pernyataan resmi, militer Tiongkok mengungkapkan terus mengawasi kapal militer AS, USS Barry. Kapal perusak itu melakukan transit rutin di Selat Taiwan.

Baca juga: Tiongkok Ingin Ubah Nasib Taiwan Seperti Hong Kong

Juru bicara komando timur Tiongkok Zhang Chunhui menegaskan AS harus menghentikan tindakan provokatif di Selat Taiwan. Militer Tiongkok siap mempertahankan integritas territorial negara dan menjaga perdamaian di wilayah perairan tersebut.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut USS Barry berlayar ke arah utara melalui selat. Pasukannya juga memantau kapal perang tersebut. Namun, dia menyatakan situasi tergolong aman.

Diketahui, Tiongkok menganggap Taiwan sebagai wilayah yang sulit disatukan dengan wilayah daratan. Adapun, otoritas AS terus meningkatkan dukungan terhadap Taiwan, yang dinilai sebagai pos terdepan demokrasi.

Baca juga: Temui Sekutu Asia, Menlu AS Kecam Sikap Tiongkok

Beijing pun menuduh Washington dan Taipei sengaja melakukan kolusi untuk mencapai kemerdekaan resmi. Kedua pihak juga dituding meningkatkan aktivitas militer di dekat wilayah Taiwan, sebagai unjuk kekuatan.

Otoritas AS mendorong suplai peralatan militer canggih, termasuk drone MQ-9 dan sistem rudal pertahanan pesisir, ke otoritas Taiwan. Langkah itu memicu ketegangan lebih lanjut dalam hubungan AS-Tiongkok.(CNA/OL-11)

BERITA TERKAIT