15 October 2020, 11:05 WIB

Pemerintah Diharapkan Terus Hadir di Tengah Pandemi Covid-19


Mediaindonesia.com | Humaniora

DI masa pandemi covid-19 seperti saat ini, kehadiran pemerintah, baik pusat maupun daerah memang sangat diperlukan. Pasalnya beban yang dirasakan sebagian besar masyarakat sangat berat. Betapa tidak? Ketika beban ekonomi semakin tinggi, mereka pun dituntut harus menjaga diri agar tidak tertular virus korona.

Itu sebabnya bantuan sosial yang disalurkan pemerintah, terutama lewat Kementerian Sosial sangat membantu. Hal itu diungkapkan koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia (AMMI) Nurkhasanah dalam siaran persnya, Kamis (15/10).

Baca juga: Kemensos Siap Salurkan Bansos Beras dan Uang di Kuartal III 2020

Menurut Nurkhasanah rakyat merasa sangat tertolong dengan adanya program-program bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kemensos seperti Bantuan Sosial Beras (BSB). Sebagai contoh  untuk Kota Surabaya, baru  diluncurkan Menteri Sosial (Mensos), Juliari P. Batubara bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pekan lalu. BSB menjangkau 10 juta KPM program Keluarga Harapan (PKH).

Ia menjelaskan masyarakat secara nyata merasakan kehadiran negara melalui Kemensos sejak pertama kali program-programnya dilaksanakan pada awal kehadiran covid-19. “Kami juga melihat Kemensos dan jajarannya mampu bersinergi dengan mitra kerjanya di DPR RI khususnya Komisi II lanjut Nur. Kita dapat melihat luas pemberitaan apresiasi dari para anggota DPR mitra kerja Kemensos."

“Negara benar-benar dirasakan  hadir saat negeri ini dilanda pandemi covid-19 yang entah kapan akan selesai, masyarakat tetap mendapatkan haknya berupa kesejahteraan hidup sehingga tetap dapat bertahan walapun adanya tekanan sosial,” imbuhnya.

Secara khusus ia juga keberhasilan Kemensos sebagai kementerian dengan penyerapan tertinggi di antara kementerian atau lembaga lain. Sebagai kementerian dengan pagu terbesar, Kemensos berhasil merealisasikan penyerapan anggaran tertinggi, yakni sebesar 81,23% per 10 Oktober 2020.

Sebelumnya, Mensos Juliari P Batubara menegaskan bahwa pencapaian kinerja  Kemensos tak lain berkat kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Kemensos, baik dalam hal penyaluran bansos maupun percepatan penyerapan anggaran.

“Meski banyak revisi anggaran dan kami pun diberi tugas-tugas baru oleh presiden, kami bersyukur dapat menjalankan semua itu dengan baik," tuturnya.

Juliari berpesan kepada seluruh jajaran untuk selalu bekerja dengan sepenuh hati dan berorientasi pada kemanusiaan. “Untuk selalu bekerja bersungguh-sungguh, karena di luar sana begitu banyak masyarakat yang masih membutuhkan bantuan kita,” katanya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT