15 October 2020, 14:49 WIB

Wilayah Kawasan Rawan Banjir Mulai Siapkan Pengungsian


Deden Muhamad Rojani | Megapolitan

SEJUMLAH lokasi di wilayah Kelurahan Semper Timur dipersiapkan menjadi alternatif tempat pengungsian banjir. Hal itu sebagai langkah antisipasi apabila terjadi curah hujan tinggi yang mengakibatkan genangan air di pemukiman warga.

Lurah Semper Timur, Cahyo Hudoyo menjelaskan, ada 5 RW yang masuk dalam lokasi rawan banjir yaitu RW 01, 02, 03, 10 dan 11.

"Kita harus siap menghadapi banjir dengan menyediakan lokasi pengungsian di sejumlah titik rawan banjir. Sejak tanggal 10 Oktober kita sudah pasang tanda lokasi pengungsian biar warga mengetahuinya," ungkap Cahyo, Kamis (15/10) saat dikonfirmasi.

Cahyo mengatakan, ada 11 lokasi pengungsian yang tersebar di 5 RW diantaranya Kantor RW 01, Gereja Yoel, Masjid Jami Al Falah, Kantor Lurah Semper Timur, Masjid Unwanus Saadah, Kantor RW 03, Masjid Baiturrohim, SDS Salsabila, Masjid Nurul Iman, Masjid Al Hidayah dan Garasi Pa Surana.

“Harapan kita semua semoga tidak ada banjir lagi di Jakarta. Namun jika ternyata masih datang banjir, kita sudah antisipasi,” tuturnya.

Cahyo juga mengungkapkan, bahwa ditengah pandemi Covid-19, antisipasi penanganan banjir harus disesuaikan dengan prosedur tetap protokol kesehatan.

“Saat ini, masih ada wabah Covid-19 jadi lokasi pengungsian juga harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti pengaturan jumlah orang di lokasi pengungsian, semua orang memakai masker dan disediakan tempat cuci tangan. Kita harus terapkan itu semuanya biar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19," ujarnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT