15 October 2020, 16:15 WIB

Label Dunia Makin Ramai Terjun ke Pet Fashion


Putri Rosmalia | Weekend

PANDEMI ternyata tak hanya berhasil menciptakan tren fesyen baru bagi manusia. Aktivitas di rumah yang semakin intens juga membuat para pecinta hewan peliharaan mulai melirik busana-busana mewah untuk peliharaannya.

Ketika industri fesyen mengalami guncangan akibat pandemi, pet fashion atau produk fesyen untuk hewan peliharaan jadi salah satu opsi untuk bertahan. Beberapa label besar seperti Versace hingga Thom Browne telah merilis busana-busana untuk anjing dan kucing. 

Tak hanya ragam pakaian untuk hewan peliharaan, label-label tersebut juga merilis ragam aksesoris hewan yang mewah. Mulai dari kalung, syal, hingga gelang.

Dilansir dari theguardian.com, Kamis, (15/10), angka penjualan busana hewan peliharaan melalui eBay mengalami peningkatan hingga 45% selama pandemi. Itu menjadi angka penjualan tertinggi sepanjang masa. 

"Tren ini tidak pernah terjadi semasif ini. Sepanjang 2020 tren belanja kebutuhan hewan peliharaan menjadi lebih tinggi dan makin bervariasi," ujar peneliti Market Researcher Cheltenham, Inggris, Mark Waddy.

Waddy mengatakan bahwa tren itu merupakan bagian dari antropomorfisme, yakni atribusi karakteristik manusia ke makhluk bukan manusia. Itu mengapa umumnya seseorang mendandani hewan peliharaannya menyerupai dirinya atau dengan produk favoritnya. (M-1)
 

BERITA TERKAIT