15 October 2020, 13:50 WIB

Trans Kalimantan Jalur Selatan Kalsel Rusak Parah lagi


Denny Susanto | Nusantara

RUAS jalan trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kabupaten Tanah Laut menuju Kabupaten Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan mengalami kerusakan cukup parah sejak beberapa waktu terakhir.

Kerusakan jalan berupa lobang - lobang berukuran kecil dan besar pada ruas jalan sepanjang puluhan kilometer, mengakibatkan arus lalu lintas terganggu. Kembali maraknya angkutan hasil perkebunan dan batubara dengan beban melebihi kapasitas jalan ditengarai menjadi penyebab semakin parahnya kerusakan jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Kamis (15/10) mengakui kondisi kerusakan trans Kalimantan poros selatan di Kalsel ini. "Sudah ada rencana pemerintah pusat untuk perbaikan kerusakan jalan berstatus jalan nasional tersebut. Dalam waktu dekat sudah memasuki tahap pelelangan pekerjaan," ungkapnya.

Informasi dihimpun mediaindonesia.com, kondisi pandemi virus korona ikut mempengaruhi tertundanya sejumlah proyek infrastruktur di Kalsel termasuk pemeliharaan dan perbaikan trans Kalimantan. Beberapa kali trans Kalimantan
juga terendam banjir.

Kerusakan infrastruktur ini juga menjadi bahan masing-masing kontestan Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu. Komitmen untuk perbaikan infrastruktur di daerah menjadi jualan pasangan nomor urut 01 Syafruddin H Maming-Alpiya Rahman (SHM-MAR) juga pasangan nomor urut 03 Zairullah Ashar-M Rusli (ZR).

Baik Syafruddin maupun Zairullah merupakan anggota DPR RI perwakilan Kalsel dari daerah pemilihan Kabupaten Tanah Bumbu. Berbeda dengan poros selatan, kondisi ruas jalan trans Kalimantan poros tengah yang menghubungkan Kota Banjarmasin menuju Kabupaten Tabalong masih lebih baik. (OL-13)

Baca Juga: Denny Siregar Sentil Prabowo agar Tertibkan Fadli Zon

BERITA TERKAIT