15 October 2020, 11:20 WIB

Dirilis di Pasar, Harga Saham Big Hit Entertainment Meroket


Basuki Eka Purnama | Hiburan

HARGA saham agen manajemen band K-Pop BTS, Big Hit Entertainment, naik lebih dari dua kali lipat saat dirilis untuk pertama kali pada Kamis (15/10), mengantarkan pendiri agensi itu menjadi miliarder dan melipatgandakan harta ketujuh anggota BTS.

Initial public offering (IPO) saham Big Hit Entertainment sukses menarik perhatian yang luar biasa dengan seksi publik mengalami oversubscribe hingga 607 kali lipat sehingga peminat hanya bisa mendapatkan sebagian kecil dari permintaan mereka.

Bintang agensi itu, BTS, menjadi bintang dunia selama beberapa tahun terakhir. Mereka menandai dominasi mereka di pasar musik dunia ketika lagu Dynamite sukses memuncaki tangga lagu Amerika Serikat, Billboard Hot 100.

Baca juga: Seungri Hadapi 8 Tuntutan

Harga IPO saham Big Hit Entertainmet dipatok seharga 135 ribu won (sekitar Rp1,7 juta) namun dalam tempo beberapa jam, saham itu dijual seharga 330 ribu won (sekitar Rp4,2 juta).

Pada level itu, Big Hit memiliki kapitalisai pasar sebesar 11 triliun won, menjadikan mereka sebagai salah satu dari 30 perusahaan paling berharga di Korea Selatan (Korsel), mengungguli produsen kosmetik Amore Pacific.

Pendiri dan CEO Big Hit Bang Si-hyuk--yang menguasai lebih dari 36% saham perusahaan itu--dinyatakan bernilai US$1,4 miliar dan akan melihat nilai kekayaannya meroket.

Meroketnya harga saham Big Hit juga meningkatkan kekayaan anggota BTS. Bang memberikan masing-masing anggota BTS lebih dari 68 ribu saham pada Agustus lalu, atau 1,4% dari saham perusahaan itu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT