15 October 2020, 10:12 WIB

Indonesia Harus Sukses Jadi Host Konvensi Bencana Internasional


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta jajaran menterinya segera mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk menyelenggarakan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada 2022 mendatang. Sebagai negara yang memiliki banyak pengalaman dalam menghelat konvensi internasional, Jokowi meyakini Indonesia bisa menjalankan ajang dua tahunan tersebut secara baik.

Ia ingin GPDRR tidak hanya dimanfaatkan sebagai ajang pembelajaran terkait risiko bencana tetapi juga promosi pariwisata Indonesia kepada masyarakat dunia.

"Kita harus bisa memanfaatkan konvensi berskala dunia ini untuk kepentingan nasional dan tentu saja jangan sampai lupa bahwa kita dapat menggunakan momentum ini untuk mempromosikan pariwisata Indonesia," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Kamis (15/10).

baca juga: LBH Desak Polri Bentuk Subdit Khusus Tindak Pidana Ketenagakerjaan

GPDRR merulakan forum dua tahunan yang dibentuk United Nations Office for Disaster Risk Reduction untuk meninjau kemajuan, mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam penanganan kebencanaan. Pada 2022, konvensi global itu akan dihelat di Bali dan diikuti 193 negara dengan jumlah peserta mencapai 7.000 orang. (OL-3)

BERITA TERKAIT