15 October 2020, 10:00 WIB

Peneliti Temukan Kulit Bola Kuno Berusia 3000 Tahun di Tiongkok


Bagus Pradana | Weekend

PARA  Peneliti dari Universitas Zurich, Swiss menemukan tiga bola kulit kuno yang diperkirakan berasal dari tahun 1189 hingga 911 SM, di provinsi Xinjiang, Tiongkok.

Bola-bola tersebut ditemukan dalam sebuah proyek penggalian makam kuno di kawasan Yanghai, dengan rata-rata ukuran (diameter) 7,4 dan 9,2 cm.

Sayangnya, para peneliti belum dapat melacak bentuk permainan seperti apa yang memanfaatkan bola-bola kuno tersebut.

Dr. Patrick Wertmann dari Institut Studi Asia dan Oriental Universitas Zurich, memerkirakan bola-bola dari Yanghai ini dimainkan dengan konsep permainan yang berbeda dengan permainan bola kuno lain yang populer dimainkan di Eropa dan Asia selama ratusan tahun.

"Bola-bola ini berumur lima abad lebih tua dari permainan bola kuno yang ditemukan di Eurasia," papar Dr. Wertmann seperti dilansir dari express.co.uk,  Selasa (13/10).

Dua dari tiga bola ditemukan di komplek pemakaman para prajurit penunggang kuda.

Dr. Wertmann menduga para prajurit akan memainkan bola tersebut sebagai bentuk latihan fisik sebelum mulai berperang.

"Ilustrasi paling awal permainan ini berasal dari Yunani, yang menunjukkan pemain bola seperti yang dimainkan hari ini. Di Tiongkok, permainan bola kuno dilakukan sambil menunggang kuda," jelas Dr. Wertmann.

Meski ditemukan beberapa tongkat melengkung di situs Yanghai, penemuan tersebut tidak berhubungan langsung dengan bola kulit yang ditemukan di kompleks pemakaman kunonya.

"Hubungan penemuan bola kulit kuno dari Yanghai ini dengan konsep olahraga serupa polo itu tidak terbukti, meskipun dua bola tersebut ditemukan di kompleks kuburan para penunggang kuda,” pungkas Dr. Wertmann.

Merujuk beberapa bukti arkeologis, para peneliti meyakini bahwa permainan bola merupakan permainan yang populer dari zaman ke zaman.

Penemuan itu juga dipublikasikan dalam Journal of Archaeological Science: Report, pekan ini. (M-4)

BERITA TERKAIT