15 October 2020, 09:30 WIB

Van Dijk Puji Performa De Oranje


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KAPTEN Belanda Virgil van Dijk menilai performa timnya sudah maksimal meski bermain imbang 1-1 melawan Italia pada laga Grup A1 Liga Negara UEFA, Kamis (15/10) dini hari WIB.

Dalam laga itu, Belanda sempat tertinggal terlebih dulu akibat gol Lorenzo Pellegrini pada menit ke-16. De oranje, julukan Belanda, kemudian bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-25 lewat gol Donny Van De Beek.

“Kami memainkan sepak bola yang sangat bagus. Kami terorganisasi dengan baik dan bekerja keras. Kami bertahan dengan baik dan berkomunikasi satu sama lain," kata Van Dijk.

Baca juga: Italia dan Belanda Imbang di Laga Liga Negara UEFA

"Mungkin pada babak kedua, kami bisa melakukan lebih banyak serangan balik. Itu adalah kinerja yang bagus yang bisa kami bangun untuk masa depan. Kami mendukung satu sama lain,” lanjutnya.

Bek Liverpool itu pun mendukung keputusan pelatih Frank de Boer yang menerapkan taktik 3-5-2.

"Pelatih membuat keputusan yang benar (dengan 3-5-2). Kami mendiskusikannnya sebagai tim sebelumnya. Kami harus melakukan hal-hal yang berbeda dari yang kami lakukan di Amsterdam. Kami harus mendapatkan hasil dan begitulah hasilnya," tutur Van Dijk.

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini mengaku terkejut dengan taktik yang dimainkan Frank de Boer.

“Ini pertama kalinya mereka mengubah sistem ini dan itu mengejutkan, tetapi kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit," kata Mancini.

Pertandingan lainnya di grup yang sama, Robert Lewandowski menjadi aktor penting yang membawa Timnas Polandia meraih kemenangan 3-0 melawan Bosnia-Herzegovina.

Robert Lewandowski mengemas dua gol kendati hanya tampil 58 menit dalam pertandingan tersebut, sedangkan Karol Linetty turut menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Polandia.

Tambahan tiga poin membuat Polandia memuncaki klasemen dengan koleksi tujuh poin. Sementra Italia berada di posisi kerua dengan poin 6 disusul Belanda dengan poin 5. Sedangkan Bosnia tak beranjak dari posisi juru kunci dengan koleksi poin 2. (Footballitalia/OL-1)

BERITA TERKAIT