15 October 2020, 04:45 WIB

Produk Lokal Kelas Dunia di IMX


NURTJAHYADI | Otomotif

INDONESIA Modification Expo (IMX) 2020 yang digelar Sabtu (10/10) pukul 13.00-17.00 WIB secara virtual menjadi satu satunya pameran otomotif berskala nasional yang diadakan
saat pandemi covid-19.

IMX merupakan expo tahunan yang digagas National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan menggerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Tanah Air.

Tahun ini merupakan kali ketiga perhelatan IMX walaupun dilaksanakan secara virtual (online). Tercatat 33 ribu tiket online IMX 2020 terjual dengan 27.658 ribu orang yang datang dari 69 kota di Indonesia dan beberapa kawasan di Amerika, Belanda, serta Jepang.

“Sebagai penyelenggara, kami berusaha untuk selalu konsisten mengadakan IMX setiap tahun. Kondisi pandemi yang belum berakhir membuat kami berusaha untuk beradaptasi dengan semua kebiasaan baru, termasuk meng alihkan penyelenggaraan IMX menjadi virtual,” ungkap IMX Project Director Andre Mul yadi di sela-sela event.

Dari sejumlah modifikasi yang ditampilkan ada beberapa yang menarik, di antaranya dua karya modifikasi bodikit Karma pada Porsche Cayman milik Mochamad Chandra Kurniawan
alias Charock dan proyek Widebody Kit Civic Nouva dari Pengepul Mobil.

Produk Karma Bodykit sepenuhnya diproduksi di dalam negeri untuk kemudian dijual ke seluruh dunia.

Karma merupakan produk body kit hasil kolaborasi antara Kiki Anugraha dan Monaco Auto Design asal Amerika Serikat. Karma Bodykit sudah memiliki distributor di beberapa negara, khususnya kawasan Amerika dan Kanada.

Paket Karma Bodykit untuk Porsche Cayman dijual ke seluruh dunia melalui jaringan distributornya dengan harga US$4.000. Untuk pemesanan semua produk Karma Bodykit
bisa dilakukan melalui website www.karmabodykit.co.id atau e-mail ke karmabodykit@ gmail.com.

Sementara itu, kreasi unik lainnya ditampilkan oleh Honda Civic Nouva (EF) hatchback/Civic Gen IV (1987-1991) hasil kerja sama Pengepul Mobil dengan Musa Tjahjono Head
of Designer rumah modifikasi West Coast Customs di California Amerika Serikat, asal Surabaya.

Rencananya Widebody kit ini juga akan diproduksi di dalam negeri secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia. Menerapkan sistem pre-order via Instagram direct message ke akun @ pengepul_mobil dengan banderol US$2.500 di luar pengecatan dan pemasangan.

Agen Pemegang Merek Suzuki pun tak mau kalah dengan menghadirkan kreasi modifi kasi yang dituangkan pada Suzuki XL7. Pada IMX 2020, XL7 tampil semakin gagah dan berjiwa petualang lewat laburan warna serbahitam dan penggunaan FRP Custom Add On Bodykit pada bagian depan dan belakang, termasuk pada bagian side skirt dan wing spoiler.

Pemenang kompetisi


Dalam IMX 2020 juga diumumkan hasil Live Modz 2020, kompetisi modifi kasi tiga orang ’Car Enthusiast’ antara Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi dalam memodifikasi mobil eks taksi bekas banjir. Modifikasi Fitra Eri dengan tema Sultan Taxi menjadi juaranya.

Sebagai juara bertahan sejak tahun lalu, Fitra Eri kembali berhak mendapatkan Piala Live Modz 2020 dan membawa pulang mobil para kompetitornya yang saat ini dijual di
platfrom momobil.id.

Yang tak kalah menarik tentu pengumuman pemenang undian Supergiveaway bagi pengunjung, masing-masing berupa 1 unit Suzuki Ignis modifi kasi karya Garasi Drift dengan tema Time Attack dan 1 unit Skuter Listrik Custom by Alitt Susanto dan Katros Garage, yang masing-masing diraih Farid Wahyu Nugroho dari Bintaro, Jakarta, dan Akmal Fuadi dari Bukittinggi, Sumatra Barat.

IMX 2020 yang diikuti sekurangnya 37 brand otomotif dan modifikasi ini mencatatkan kenaikan kunjungan sebesar 548% jika dibandingkan dengan total pengunjung acara IMX
yang telah terselenggara secara offline tahun lalu.

Hal ini menjadi bukti bahwa berbagai hambatan bisa teratasi jika seluruh pemangku kepentingan saling bahu membahu. (S-2)

BERITA TERKAIT