15 October 2020, 09:04 WIB

Kapal Tempur AS Melintas di Selat Taiwan


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEBUAH kapal tempur Amerika Serikat, Rabu (14/10), melintas di Selat Taiwan. Hal itu berpeluang memancing kemarahan Tiongkok yang mengklaim kedaulatan di wilayah itu.

"Kapal penghancur USS Barry melakukan transit rutin di Selat Taiwan pada 14 Oktober sesuai dengan hukum internasional," ungkap juru bicara Armada Ketujuh AS Reann Mommsen.

"Aktivitas kapal itu di Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasitik yang bebas dan terbuka," imbuhnya.

Baca juga: Putra Remaja Trump Positif Covid-19

Angkatan Laut AS secara reguler menggelar operasi yang mereka sebut kebebasan navigasi di Selat Taiwan, yang memisahkan Tiongkok dengan Taiwan. Operasi itu selalu memancing reaksi keras dari Beijing.

Tiongkok memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayah mereka. Pulau itu dipimpin oleh pemerintahan yang melarikan diri dari Tiongkok saat komunis mengambil alih kekuasaan pada 1949.

Taiwan memiliki bendera dan mata uang tersendiri. Namun, wilayah itu tidak diakui sebagai negara merdeka oleh PBB.

Washington mengakhiri hubungan diplomatik mereka dengan Taipei pada 1979 untuk memperbaiki hubungan dengan Tiongkok. Namun, AS tetap merupakan sekutu terkuat Taiwan termasuk pemasok senjata utama wilayah itu.

Tiongkok mengancam akan menggunakan kekerasan jika Taipei menyatakan kemerdekaan.

Beijing memandang pergerakan kapal asing di Selat Taiwan sebagai pelanggaran kedaulatan mereka.

Washington dan banyak negara di dunia memandang Selat Taiwan sebagai bagian dari perairan internasional sehingga wilayah itu bisa dilalui siapa saja. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT