15 October 2020, 07:59 WIB

Dinyatakan Kalah 3-0 dan Dipangkas Satu Poin, Napoli Banding


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

NAPOLI akan mengajukan banding atas kekalahan 3-0 dan pemangkasan satu poin yang dijatuhkan Liga Italia, Rabu (14/10), karena tidak hadir untuk laga Serie A di markas Juventus awal bulan ini karena covid-19.

Komisi Disiplin Serie A memutuskan tidak ada force majeure yang menyebabkan Napoli tidak bisa melakukan perjalanan ke Turin meski dua pemain mereka dinyatakan positif covid-19 dan seluruh tim diisolasi.

"Napoli selalu menghormati aturan dan hukum," ungkap Napoli lewat Twitter. "Kami kini menunggu hasil banding, sembari terus mempercayai keadilan."

Baca juga: Tidak Datang ke Turin, Napoli Diputuskan Kalah 0-3 dari Juventus

Klub besutan Gennaro Gattuso itu bersikeras mereka tidak bisa meninggalkan Naples setelah otoritas kesehatan setempat menyatakan Eljif Elmas dan Piotr Zielinski positif covid-19 pada 4 Oktober.

Serie A memutuskan gugatan Napoli terkait legalitas laga itu tidak bisa diterima dan Partenopei tidak melakukan hal yang diperlukan untuk memastikan laga itu bisa digelar.

Napoli meminta agar laga itu ditunda namun Juventus tetap melanjutkan persiapan laga sebelum laga itu akhirnya dinyatakan dibatalkan, 45 menit setelah jadwal laga seharusnya digelar.

Serie A menggunakan aturan UEFA yang menyatakan bahwa laga bisa digelar asal sebuah tim memiliki 13 pemain yang siap bermain, termasuk seorang penjaga gawang.

Satu-satunya pengecualian adalah jika terjadi wabah covid-19 dengan lebih dari 10 kasus dalam sepekan.

Jika itu terjadi, klub bisa meminta penundaan laga. Hal itu hanya terjadi sekali pada musim ini yaitu laga antara Genoa dan Torino yang terjadi di pekan yang sama dengan laga antara Juventus dan Napoli.

Akibat keputusan Serie A itu, Juventus naik ke posisi keempat klasemen Serie A sementara Napoli berada di peringkat delapan. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT