15 October 2020, 07:47 WIB

RSUD Tarutung Kehabisan Cartridge Swab Covid-19


Januari Hutabarat | Nusantara

BUPATI Tapanuli Utara, Nikson Nababan meminta pusat memberikan perhatian kepada RSUD Tarutung yang menjadi rumah sakit rujukan covid-19 karena kehabisan stok alat cartridge untuk swab test covid-19.

"Saat ini alat diagnostik laboratorium untuk Covid-19 di RSUD Tarutung kosong. Sementara rumah sakit ini mengkover 7 kabupaten. Bila ini tidak bisa ditangani, bisa berdampak buruk bagi pemeriksaan covid-19," terang Nikson, Kamis (15/10).

baca juga: Sehari, Pasien Sembuh Bisa Capai 929 Orang

Pihaknya telah berkirim surat ke Menteri Kesehatan sebanyak tiga kali yakni pada 29 Juni, 28 Juli dan 30 September 2020. Pemkab Tapanuli Utara juga menyurati Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Provinsi Sumatra Utara dan Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara namun belun ada respons.

Direktur RSUD Tarutung, dr Janri i Aeyoge Nababan membenarkan pihaknya mengalami kekosongan stok alat cartridge SARS Cov2 yang merupakan instrumen penting dalam memastikan apakah pasien terpapar covid-19 atau tidak. Adanya kekosongan ini, pemeriksaan swab harus dihentikan sementara. (Ant/OL-3)

BERITA TERKAIT