15 October 2020, 06:09 WIB

Tanpa Ronaldo, Jota Pimpin Portugal Tekuk Swedia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

DIOGO Jota mencetak dua gol untuk membantu tim nasional Portugal menghantam Swedia dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan Liga Negara UEFA Divisi A Grup 3 (A3) di Stadion Jose Alvalade, Lisabon, Kamis (15/10) dini hari WIB.

Penyerang Liverpool itu juga sebelumnya mengirimkan assist untuk gol pembuka keunggulan Portugal yang dicetak Bernardo Silva, demi mengamankan tiga poin penuh.

Dalam laga melawan Swedia itu, Portugal tidak diperkuat kapten sekaligus pemain andalan mereka Cristiano Ronaldo yang positif covid-19.

Baca juga: Italia dan Belanda Imbang di Laga Liga Negara UEFA

Berkat kemenangan itu, Portugal bertahan di puncak klasemen dengan koleksi 10 poin sedangkan Swedia yang nirpoin tidak beranjak dari posisi juru kunci.

Baru empat menit pertandingan berjalan, Portugal hampir membuka keunggulan ketika umpan silang Joao Cancelo disambut William Carvalho
tetapi tandukannya masih membentur tiang gawang.

Portugal akhirnya memimpin pada menit ke-21, saat Jota berhasil menarik perhatian dua bek Swedia dan mengirimkan bola ke arah Bernardo Silva yang kemudian menaklukkan kiper Robin Olsen demi mencetak gol ke area tiang jauh.

Swedia berkesempatan menyamakan kedudukan pada menit ke-35, tetapi tembakan sentuhan pertama Marcus Berg menyambut umpan tarik Mikael Lustig ditolak mistar gawang.

Semenit jelang turun minum, Jota sukses menggandakan keunggulan Portugal dengan menyambar bola umpan silang Cancelo mengubah kedudukan menjadi 2-0 atas Swedia.

Rui Patricio tampil gemilang meredam semangat kebangkitan Swedia pada awal babak kedua dengan menepis sundulan tajam Berg dan sepakan Viktor
Claesson.

Setelah gelombang serangan Swedia mereda, Joao Felix punya peluang emas untuk menambah keunggulan Portugal setelah menerima umpan terobosan dari Bruno Fernanded, tetapi tembakan pemain Atletico Madrid itu masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Jota akhirnya mencetak gol keduanya pada menit ke-72, setelah menusuk dari sisi sayap, melewati tiga bek Swedia sebelum menyelesaikannya dengan tembakan mendatar yang sukses memperdaya Olsen demi melengkapi kemenangan Portugal jadi 3-0. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT