15 October 2020, 01:55 WIB

PBSI Mulai Jaring Calon Ketua Umum 2020-2024


MI | Olahraga

SETELAH menyelesaikan tahapan sosialisasi, tahapan pergelaran Musyawarah Nasional (Munas) Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memasuki penjaringan calon ketua umum periode 2020-2024, akhir pekan ini.

Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto dikutip dari laman resmi PBSI, kemarin, Munas PP PBSI dijadwalkan dilangsungkan pada 5-6 November di Serpong, Tangerang, Banten.

“PP PBSI telah melakukan sejumlah persiapan awal menuju Munas. Kami juga telah menyiapkan draf penyempurnaan AD/ART yang akan dibahas di Munas,” ujar Achmad Budiharto.

Tak hanya memilih calon ketua umum, Munas PBSI juga berisi agenda penyempurnaan AD/ART, yakni draf dan konsep-konsep penyempurnaan AD/ART sudah rampung disusun tim pokja penyempurnaan AD/ART serta telah siap untuk dibawa ke forum di Munas.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Ketua Umum PBSI 2020-2024, Edi Sukarno, mengatakan bahwa timnya telah melakukan tahapantahapan proses penjaringan, diantaranya sosialisasi kepada pengurus provinsi (pengprov) sebagai pemilik suara dalam pemilihan ketua umum. Sosialisasi dilangsungkan pada 1-16 Oktober.

“Kami telah mengirim surat edaran ke seluruh pengprov untuk memberitahukan bahwa mereka punya hak suara,” jelas Edi yang menjelaskan ada 34 pengprov di Indonesia. 

Namun, dua pengprov tidak memiliki hak suara, yakni Pengprov Kalimantan Tengah dan Sulawesi Utara yang baru saja melakukan
pergantian pengurus. Kemudian, tahapan memasuki pengambilan formulir pendaftaran bakal calon ketua umum (17-21 Oktober) dilanjutkan pengembalian berkas (22-26 Oktober), pemeriksaan berkas (27-30 Oktober), yang bermuara kepada penetapan calon ketua umum yang lolos (31 Oktober-4 November).

Terkait dengan calon ketua umum, Edi menyatakan, syarat mendaftar ialah memiliki dukungan minimal 10 pengprov. Di sisi lain, nama yang mencuat untuk menjadi orang nomor satu di PBSI, yakni Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI Agung Firman Sampurna.

Beberapa waktu lalu, Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Alex Tirta mengatakan 26 pengprov PBSI mendukung Agung Firman Sampurna
menggantikan Wiranto sebagai Ketua Umum PBSI 2020-2024. (Rif/R-2)
 

BERITA TERKAIT