15 October 2020, 01:35 WIB

Tango dan Selecao Sempurna


Akmal Fauzi | Sepak Bola

DUA tim juara dunia, Argentina dan Brasil, sama-sama mempertahankan rekor sempurna dengan memenangi laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Latin (Conmebol), kemarin.

‘Tim Tango’ sebutan Argentina menuai kemenangan kedua dengan menaklukkan tuan rumah Bolivia 2-1 di La Paz. Di saat yang bersamaan, Selecao melanjutkan kemenangan 5-0 atas Bolivia di penampilan pertama dengan melibas tuan rumah Peru 4-2.

Kemenangan itu membuat ‘Tango’, dua kali juara dunia, dan Selecao lima kali juara dunia sama-sama mengoleksi enam poin. Namun, Brasil lebih superior mencetak gol (9-1) ketimbang Argentina yang hanya mencetak tiga gol dan kebobolan satu gol.

Kemenangan ‘Tango’ di La Paz membuat sang kapten Lionel Messi bergembira. Bangga karena Argentina kembali menang di Stadion Hernando Siles, La Paz, setelah terakhir meraihnya 15 tahun silam.

Apalagi, Messi pernah merasakan neraka La Paz, yang berada di ketinggian 3.637 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oksigen yang tipis membuat Messi dan kawan-kawan kalah telak 1-6 pada April 2009. 

Pada  Maret 2013, Messi juga harus puas dengan hasil imbang 1-1 di tempat yang sama. Meski sempat tertinggal akibat gol Marcelo Martins pada menit ke-24, Argentina bangkit. Dua gol balasan lahir dari aksi Lautaro Martinez di akhir babak pertama serta sumbangan Joaquin Correa di menit ke-79.

‘Kemenangan hebat di dataran tinggi yang sangat penting buat kami. Masih banyak yang tersisa. Kualifikasi baru saja dimulai dan kami sangat senang mendapatkan dua kemenangan ini. #VamosArgentina,’ tulis Messi di akun Instagram-nya.

Rasa bahagia juga diungkapkan sang pencetak gol, Martinez. Penyerang Inter Milan itu girang bisa mengantarkan negaranya menang di markas Bolivia. “Kami tahu apa arti laga ini bagi kami karena sejarahnya. Kami tidak menampik, sulit bermain di sini,” kata Martinez.

Di Lima, keperkasaan Selecao dipastikan melalui trigol Neymar, dua di antaranya melalui penalti di menit ke-28 dan 83. Satu gol lagi dilesakkan penyerang klub Paris Saint-Germain Prancis di akhir pertandingan.

Richarlison menjadi penyumbang satu gol bagi skuad asuhan Tite, setelah menerima umpan hasil sundulan Roberto Firmino di menit ke-64. Tuan rumah Peru memberikan perlawanan melalui gol Andre Carrillo (6’) dan Renato Tapia (59’). Namun, permainan Peru buyar setelah Carlos Caceda dan Carlos Zambrano diganjar kartu merah oleh wasit di menit ke86 dan 89.


Keyakinan Loew

Dari Eropa, pelatih timnas Jerman Joachim Loew menebarkan keyakinan anak asuhnya lolos ke semifinal UEFA Nations League setelah berbagi skor 3-3 melawan Swiss di Liga A Grup 4, kemarin. 

Tambahan satu poin itu membuat ‘tim Panser’ mengoleksi enam poin hasil empat kali tanding, berselisih satu angka dengan penguasa klasemen Spanyol yang di luar dugaan takluk 0-1 dari tuan rumah Ukraina.

“Kami menunjukkan sikap yang bagus untuk berjuang kembali setelah tertinggal. Jika kami ikut dalam turnamen, masuk ke semifinal adalah target minimal,” ujar Loew yang berharap memetik hasil positif di dua laga sisa untuk menjadi juara grup, syarat lolos ke empat besar. (UEFA/Dailymail/R-2)
 

BERITA TERKAIT