15 October 2020, 00:02 WIB

Tidak Datang ke Turin, Napoli Diputuskan Kalah 0-3 dari Juventus


Widhoroso, Akmal Fauzi | Sepak Bola

PIL pahit harus ditelan Napoli menyusul insiden batalnya laga melawan Juventus dalam lanjutan Serie A awal bulan ini. Oleh Komisi Disiplin Serie A, Napoli dinyatakan kalah 0-3 serta dihukum penghurangan satu poin karena tidak datang ke Stadion Allianz, kandang Juventus yang menjadi tempat pertandingan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Rabu (14/10) Komisi Disiplin Serie A menyebut tidak ada alasan Napoli untuk tampil menghadapi Juventus. Alasan Napoli tidak bisa berangkat ke Turin karena adanya dua pemain yang positif Covid-19 dinilai bukan sebuah force majeure.

Dalam pembelaannya, Napoli menyebut tidak bisa datang ke Turin pada 5 Oktober lalu karena skuat besutan Gennaro Gattuso tersebut diminta untuk menjalani isolasi oleh otoritas kesehatan di wilayah Campania setelah Eljif Elmas dan Piotr Zielinski dinyatakan positif Covid-19, dan mereka tidak melakukan perjalanan ke Turin pada 4 Oktober.

Serie A menyatakan  keluhan yang diajukan Napoli mengenai legalitas pertandingan dianggap tidak dapat diterima. Serie A menerapkan aturan UEFA yang menyebut pertandingan dapat berlangsung selama satu tim memiliki 13 pemain sehat, termasuk seorang penjaga gawang.Penundaan pertandingan bisa diajukan klub satu kali dalam satu musim jika memiliki lebih dari 10 kasus positif Covid-19 dalam sepekan.

Keputusan tersebut membuat Juventus naik ke posisi empat klasemen sementara dengan poin tujuh. Sedangkan Napoli berada di posisi delapan dengan poin 5. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT