14 October 2020, 23:32 WIB

Klub Liga Primer Inggris Tolak Rencana Reformasi Radikal


Widhoroso | Sepak Bola

KLUB-klub Liga Primer Inggris, Rabu (14/10) dengan suara bulat, sepakat menolak rencana radikal Proyek Gambaran Besar untuk merestrukturisasi sepak bola Inggris. Di bawah proposal kontroversial tersebut, jumlah tim di Liga Premier akan dipotong dari 20 menjadi 18 dan Piala Liga dibatalkan.

"Semua 20 klub Liga Premier hari ini dengan suara bulat setuju tidak mendudukung proyek ini," kata Liga Premier dalam sebuah pernyataan.

"Pemegang saham Liga Premier setuju untuk bekerja sama denghan 20 klub secara kolektif dalam rencana strategis untuk struktur masa depan dan pembiayaan sepak bola Inggris. Kami juga sepakat berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan untuk memastikan piramida sepak bola yang dinamis, kompetitif dan berkelanjutan," tambah pernyataan tersebut.

Sebelumnya, rencana ini juga dikritik oleh pemerintah Inggris, Asosiasi Sepak Bola, Liga Utama Inggris, dan kelompok penggemar.

Liga Premier juga menyetujui paket penyelamatan sebesar 50 juta pound dalam bentuk hibah dan pinjaman tanpa bunga untuk klub-klub di Liga Satu dan Liga Dua. Bantuan ini diberikan setelah klub-klub di Liga 1 dan 2 terancam mengalami kehancuran finansial karena tidak adanya penonton di stadion menyusul pandemi Covid-19 yang terjadi. (BBC/R-1)

 

BERITA TERKAIT