14 October 2020, 20:29 WIB

Menlu: CEPI Siap Kerja Sama dengan Bio Farma Tangani Pandemi


Nur Aivanni | Internasional

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan CEO CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovation) dalam kunjungan kerjanya di London, Inggris. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai tindak lanjut dari due diligence yang dilakukan CEPI terhadap Bio Farma pada September lalu.

"Kita juga membahas peluang kerja sama strategis yang dapat dilakukan beyond covid-19," kata Retno dalam press briefing secara virtual, Rabu (14/10).

CEPI, terang Retno, menghargai komitmen Indonesia untuk melakukan kerja sama. CEO CEPI, katanya, menyampaikan bahwa hasil due dilligence terhadap Bio Farma menunjukkan hasil yang sangat baik. "Oleh karena itu, CEPI siap melakukan kerja sama dengan Bio Farma," tambahnya.

Hasil baik due dilligence tersebut, katanya, juga merupakan pengakuan terhadap kapasitas dan kualitas yang dimiliki Bio Farma.

Baca juga : Tata Kelola Vaksin Covid-19 harus Transparan

Selain itu, CEPI juga menyambut dengan baik keinginan Indonesia untuk melakukan kerja sama strategis jangka panjang dengan CEPI.

Antara lain, untuk pengembangan berbagai platform teknologi rapid vaccine dan immunoprofilaksis untuk melawan pathogen yang tidak diketahui dan juga melakukan riset serta pengembangan inovasi vaksin berpotensi epidemi/pandemi.

Indonesia, kata Retno, telah menyampaikan keinginannya untuk menjadi bagian dari CEPI Investors Council. Itu dilakukan sebagai bentuk komitmen Indonesia terhadap upaya multilateral untuk menjamin akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga yang terjangkau.

"Besaran kontribusi Indonesia terhadap CEPI akan dibahas lebih lanjut," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT