14 October 2020, 20:02 WIB

Persebaya Tidak Masalah jika Format Kompetisi Jadi Dua Wilayah


Widhoroso | Sepak Bola

PELATIH Persebaya Surabaya Aji Santoso menyatakan tidak ada masalah bila lanjutan Liga 1 musim ini mengalami perubahan format. Ia memahami dengan situasi yang kini sedang terjadi.

Munculnya kemungkinan tersebut karena Kepolisian Republik Indonesia, bersikukuh tidak menerbitkan lanjutan Liga 1 musim ini. Dua alasan yang menyebabkannya, yakni belum berakhirnya pandemi virus corona dan bakal digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Izin keramaian dari kepolisian merupakan sesuatu hal yang wajib didapatkan untuk menggelar lanjutan Liga 1 musim ini. Tanpa adanya itu, kompetisi tidak bisa dilangsungkan.

Padahal, klub sudah bersepakat melanjutkan Liga 1 musim ini pada 1 November mendatang. Kesepatan tersebut terjadi setelah dilaksanakan rapat bersama PSSI dan PT Liga Indonesia, di Yogyakarta, Selasa (13/10).

Sebagai antisipasi, PSSI sudah menyiapkan alternatif untuk kelangsungkan kompetisi. Lanjutan Liga 1 musim ini bakal ditunda ke Desember atau Januari tahun depan dengan mengubah format dua wilayah.

"Waktunya memang sangat mepet, tidak mungkin kompetisi penuh. Tetapi kalau memang sangat terpaksa, kalau seandainya kompetisi setengah musim tidak memungkinkan, tetap harus ada kegiatan paling tidak turnamen, biar tidak berhenti," kata Aji.

Sementara, sayap Persebaya Irfan Jaya masih berharap lanjutan Liga 1 bisa dilaksanakan 1 November. Namun, ia mengaku pasrah bila seandainya kompetisi sepakbola kasta tertinggi nasional tersebut kembali ditunda.

"Harapannya semoga (liga) bisa lanjut. Tapi kalau melanjutkan kompetisi kemarin jadwalnya sangat mepet, mungkin formatnya bisa diganti turnamen atau kompetisi," ujar Irfan.

Sebelum Liga 1 dihentikan karena pandemi Covid-19, Persebaya sudah bermain dua kali. Hasilnya, kesebelasan kesayangan Bonek tersebut ditahan Persik Kediri, 1-1, serta dikalahkan Persipura Jayapura dengan skor 4-3.

Alhasil, untuk sementara Persebaya harus puas menduduki peringkat 15 klasemen dengan mengumpulkan satu poin. Klub yang identik dengan warna hijau tersebut tertinggal delapan angka dari Persib Bandung yang berada di pucuk klasemen. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT